Rabu 25 Apr 2018 11:14 WIB

Tim Klinik Pendidikan MIPA Sambangi Kota Malang

Metode yang sistematis dan terstruktur memudahkan siswa lebih memahami matematika

Tim KPM menyambangi Kota Malang.
Foto: KPM
Tim KPM menyambangi Kota Malang.

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Cabang 1 Surabaya kian masif mengadakan pelatihan dalam menyebarkan metode matematika nalaria realistik (MNR) di Jawa Timur. Kemarin giliran Kota Apel, Malang, yang disinggahi tim KPM selama dua hari, Jumat-Sabtu, 20-21 April 2018, bertempat di Hotel Solaris.

MNR merupakan metode yang dikembangkan oleh Raden Ridwan Hasan Saputra yang mengedepankan pola bepikir nalar dalam belajar soal-soal MIPA. Disamping belajar, MNR juga dapat dipadukan dalam kehidupan sehari-hari. Tak ayal program ini semakin mendapat tempat bagi para pendidik dan pelajar di Jawa Timur.

Kedatangan tim KPM Cabang 1 Surabaya yang digawangi Bapak Moh Arodhi mendapatkan sambutan positif dari 40 peserta guru MIT Ar-Roihan dan wilayah Malang dan sekitarnya. Suasana semakin hangat, tatkala materi hari pertama yang bertajuk “Bagaimana Menjadi Guru yang Hebat dan Berkah” disampaikan oleh Arodhi.

Setelah dibekali suplemen menjadi guru berkah, Arodhi menyampaikan materi masalah nyata, pemahaman konsep dan diselingi permainan matematika, yakni “kartu nara”.

Pada hari kedua, tim yang bermarkas di Ketintang Baru III No 56 A, Surabaya ini menyajikan materi motivasi yang bertema “Menata Amal, Mengapa Harus Ikhlas”? Tak hanya pemberian motivasi, pada hari kedua ini, disampaikan juga materi penalaran dan komunikasi, metodologi pelaksanaan pembelajaran MNR di kelas, strategi mengembangkan kemitraan, dan diakhiri, tes penutup.

Dalam keterangan pers, Arodhi mengatakan program pelatihan MNR ini cara efektif bagi lembaga maupun individu yang ingin menyebarkan ilmu MNR ke masyarakat. “Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik bagi siapapun yang ingin bekerja sama untuk membangun peradaban yang berkualitas melalui MNR, HOTS, dan Suprarasional,” Ujar Arodhi.

photo
Tim KPM menyambangi Kota Malang.

Diakhir pelatihan, pelatihan MNR ini ternyata memberikan kesan positif bagi peserta yang telah mengikutinya, salah satunya Ibu Ilvi guru MIT Ar-Roihan. Ia menuturkan pelatihan seperti dapat menambah wawasan guru dalam menyelesaikan soal matematika.

“Metode yang sistematis dan terstruktur, ditengarai dapat memudahkan siswa lebih memahami matematika dalam menghadapi proses KBM di sekolah maupun menghadapi persiapan kompetisi nasional dan internasional,” tuturnya.

Apakah Anda tertarik atau mempunyai pertanyaan tentang pelatihan MNR atau program lainnya, silahkan jangan ragu menghubungi KPM Cabang 1 Surabaya 031-82517838 email [email protected].

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement