Senin 23 Apr 2018 09:08 WIB

Google Siap Luncurkan Aplikasi Pesan Pesaing iMessage

Aplikasi pesan Google yang akan menjadi standar di Android, dikenal dengan nama Chat.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Winda Destiana Putri
iMessage
Foto: Phone Arena
iMessage

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Google akan melakukan perubahan besar terhadap industri aplikasi perpesanan dan ini merupakan upaya langsungnya untuk bersaing dengan iMessage milik Apple yang mendominasi pasaran. Aplikasi pesan Google yang akan menjadi standar di Android, dikenal dengan nama Chat.

Dilansir dari Business Insider, Chat hadir dengan kemampuan seperti aplikasi perpesanan pada umumnya. Tapi, dibanding dengan SMS konvensional, Chat memungkinkan pengguna mengirim foto yang lebih cantik, pesan lebih panjang, Chat menjanjikan interaktivitas kaya lainnya.

Saat ini, Android masih menggunakan pesan teks standar yang terbatas pada jumlah karakter tertentu. Multimedia berupa foto dan video yang bisa dikirimkan pun terlihat buruk. Dengan Google Chat, pesan teks Android akan menjadi seperti iMessage milik Apple yang banyak disukai. Inovasi Google ini diperkirakan hadir pada tahun depan.

Semua fitur baru dalam Android tersebut merupakan adopsi dari RCS atau rich communication service, standar baru untuk SMS. Singkatnya, standar RCS beroperasi pada jaringan data (seperti iMessage pada Apple) dibandingkan jaringan telepon (seperti SMS konvensional).

Sejumlah produsen besar yang sudah masuk ke RCS adalah Samsung, LG, Huawei dan HTC. Ketika seseorang mengirim pesan dari Pixel (ponsel keluaran Google) ke Samsung Galaxy S9, pengguna bisa berbagi pesan RCS, pun sebaliknya. Dan jika kita mengirim pesan ke ponsel orang lain yang tidak mendukung RCS, mereka akan menerimanya sebagai pesan standar mirip SMS.

Untuk saat ini, Apple belum mendukung perpesanan RCS dan diperkirakan tidak akan pernah. Perlu diperhatikan juga, pesan RCS tidak seaman iMessages karena tidak ada enkripsi yang mencegah komunikasi terganggu oleh pihak ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement