Selasa 17 Apr 2018 17:00 WIB

Ilmuwan Temukan Enzim Pencerna Plastik

Hal ini dapat membantu bumi untuk memenangkan perang melawan plastik.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Winda Destiana Putri
Sampah plastik
Foto: abc news
Sampah plastik

REPUBLIKA.CO.ID, PORTSMOUTH -- Sejumlah ilmuwan di Inggris dan Amerika Serikat menemukan enzim yang dapat mencerna plastik. Hal ini menjadi harapan baru bagi manusia karena dapat membantu bumi untuk memenangkan perang melawan plastik.

Enzim tersebut dapat mencerna polyethylene terephthalate (PET), bentuk plastik yang paling banyak digunakan pada jutaan ton sampah plastik di dunia. Plastik PET dapat bertahan selama ratusan tahun dan belakangan ini makin mengotori baik tanah ataupun laut di seluruh dunia.

Peneliti dari Universitas Portsmouth Inggris dan Laboratorium Energi Terbarukan Nasional Departemen Energi Amerika Serikat mendapatkan penemuan tersebut ketika sedang meneliti struktur dari enzim alami yang diduga telah berevolusi di pusat daur ulang di Jepang. "Begitu ditemukan enzim ini dapat membantu bakteri menghancurkan plastik, para peneliti lalu menambah struktur enzim menggunakan asam amino," kata Profesor Universitas Portsmouth, John McGeehan.

Penambahan tersebut kemudian menyebabkan perubahan tidak terduga dari enzim tersebut. Perubahan tersebut yakni membuat kemampuan mencerna plastik menjadi lebih cepat.

"Kami telah membuat versi enzim yang lebih baik daripada yang versi alami sebelumnya. Hal ini sangat menyenangkan karena berarti ada potensi untuk mengoptimalkan kegunaan enzim tersebut," tambah McGeehan.

Penemuan ini diharapkan dapat menjadi jalan keluar penanganan sampah plastik di dunia. "Dalam beberapa tahun ke depan, kita akan melihat proses industri yang dapat mengubah PET atau plastik kembali ke bentuk asal mereka sehingga dapat didaur ulang secara berkelanjutan," ujar McGeehan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement