Sabtu 14 Apr 2018 10:54 WIB

Siswa KPM Persiapkan Diri di Final KMNR Ke-13

Para finalis berfokus menjalankan aktivitas memperluas tabungan jiwa

Siswa KPM persiapkan diri di final KMNR ke-13.
Foto: KPM
Siswa KPM persiapkan diri di final KMNR ke-13.

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Terpilih maju ke babak final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-13, sungguh capaian yang luar biasa. Namun, menyandang status finalis saja tidak cukup, jika tidak mendapat raihan yang terbaik di ajang tahunan ini.

Tim media berkesempatan memantau aktivitas peserta di daerah jelang babak final KMNR ke-13, yang akan digelar di Ecovention, Ancol, Jakarta, Ahad (15/04) nanti. Mitra dan Cabang Klinik Pendidikan MIPA terus memacu para siswa didiknya agar meraih sukses di final.

Adapun lokasi mitra dan cabang KPM yang menyelenggarakan program persiapan, di antaranya: Jakarta, Bogor (Pusat), Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Kemudian Serang, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Jombang, Jember, Lumajang, Sidoarjo, Makassar, Denpasar, Palembang, Sukabumi, dan kota-kota lainnya.

“Pembinaan ini merupakan langkah nyata dari KPM Cabang 3 Depok dalam mempersiapkan peserta Final KMNR 13 meraih hasil yang diharapkan. Para finalis berfokus menjalankan aktivitas memperluas tabungan jiwa yang telah diajarkan Pak Ridwan,” ujar Ratisa, selaku Kepala KPM Cabang 3 Depok, disela-sela memberikan bimbingan kepada peserta didiknya bertempat di Kantor KPM Cabang 3 Depok.

Selain KPM Cabang 3 Depok yang melatih 103 peserta yang lolos ke final, KPM Cabang Bojonegoro melakukan hal serupa. Sejak diumumkan lolos final, Abdul Fatah selaku pimpinan cabang langsung membuat jadwal pembinaan satu minggu sekali untuk setiap level siswa.

“Jelang final ini, pembinaan di wilayah Bojonegoro lebih intensif. Setiap hari ada level SD-SMP/Sederajat yang dibina. Mendekati gelaran final, saya melakukan simulasi soal final pada hari Kamis (12/04),” kata Abdul Fatah.

Ikhtiar serupa juga dilakukan oleh KPM Cabang 1 Surabaya, sebagai induk di wilayah Jawa Timur, berusaha memberikan kontribusi positif bagi pelajar yang lolos dari wilayah Jawa Timur. “Program pembinaan jelang final KMNR 13 dilakukan melalui kegiatan Math In House Training. Diikuti 36 peserta dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Banyuwangi, Kediri, dan Lamongan. Bahkan dihadiri juga peserta dari Ternate, Maluku Utara,” ujar Hamidah selaku koordinator diklat KPM Cabang 1 Surabaya.

Selain itu, masih banyak lagi wilayah cabang dan mitra KPM lain yang berkreasi memompa semangat belajar para finalis KMNR 13 untuk menyiapkan diri. Acara final KMNR 13 sendiri akan dihadiri lebih dari dua ribu peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement