Rabu 11 Apr 2018 17:57 WIB

Instagram Kenalkan Fitur Baru Focus

Fitur Focus akan menghasilkan gambar tajam dengan latar blur.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Wanita mengambil gambar dengan teleponnya untuk diunggah ke media sosial.
Foto: EPA
Wanita mengambil gambar dengan teleponnya untuk diunggah ke media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram telah menjadi platform berbagi foto yang paling populer di kalangan anak muda. Segudang fitur yang disematkan pada platform ini seolah belum cukup bagi Instagram. Pada Selasa (10/4) Instagram memperkenalkan fitur baru yang disebut Focus.

Pengumuman yang diunggah di situs www.instagram-press.com menyebut fitur Focus akan muncul saat pengguna membuka kamera. Opsi Focus berada di samping opsi 'Superzoom' di bawah tombol perekaman. "Saat kamera membidik obyek dengan fitur Focus, gambar orang yang terkena bidikan menjadi lebih tajam sedangkan latar belakangnya menjadi blur," demikian dijelaskan Instagram lewat keterangan resminya.

Saat selesai mengambil gambar, pengguna dapat mengedit dengan aneka filter, stiker, atau teks sebelum diunggah ke Story atau dikirimkan ke pengguna lain via Instagram Direct. Sayangnya, tidak semua pengguna bisa menikmati fitur anyar ini.

Baca juga: 9 Kiat Ciptakan Konten Epik Instagram ala Traveler

Fitur Focus hanya tersedia bagi pengguna iPhone SE, 6S, 6S+, 7, 7+, 8, 8+, dan iPhone X. Pengguna Android juga sudah bisa menikmati namun hanya pada tipe ponsel tertentu tanpa dijelaskan lebih lanjut.

Pembaruan fitur bisa diperoleh pada Instagram versi 39.0 untuk iOS di App Store atau di Google Play bagi pengguna Android. Selain fitur Focus, medsos yang diakuisisi oleh Facebook ini juga merilis layanan stiker '@mention' khusus pengguna iOS.

Stiker '@mention' dapat ditempelkan ketika pengguna mengunggah Story. Cukup ketikkan nama akun yang akan dimention dan pilih opsi stiker yang sudah disediakan. Stiker '@mention' dapat diletakkan di bagian mana saja sesuai ukuran yang diinginkan pengguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement