Rabu 11 Apr 2018 10:59 WIB

Facebook Mulai Berikan Peringatan untuk Penggunanya

Pengaturan privasi Facebook membuat Cambridge Analytica mampu mengumpulkan data.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Jutaan data dari akun Facebook digunakan oleh Cambridge Analytica
Foto: Reuters/Dado Ruvic
Jutaan data dari akun Facebook digunakan oleh Cambridge Analytica

REPUBLIKA.CO.ID, CONNECTICUT -- Facebook mulai mengirimkan peringatan kepada setiap satu dari miliaran penggunanya tentang potensi penyalahgunaan data. Peringatan itu dilakukan setelah skandal Cambridge Analytica yang melihat informasi pribadi yang disalahgunakan untuk tujuan politik.

Semua pengguna Facebook yang berjumlah 2,2 miliar pada akhirnya akan menerima peringatan di bagian atas newsfeeds mereka, yang akan memperingatkan bahwa aplikasi dan situs web dapat mengambil data mereka. Sekitar 87 juta dari orang-orang itu menerima pemberitahuan tambahan, menunjukkan data mereka diambil oleh perusahaan data Inggris.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan kepada The Independent, Rabu (11/4), peringatan penuh akan terjadi secara bertahap. Namun ada alat online yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa apakah data mereka telah dikompromikan. Dengan mengunjungi Pusat Bantuan Facebook, pengguna akan diberitahu tentang apakah atau informasi mereka dibagi atau tidak dengan Cambridge Analytica.

Pengaturan privasi Facebook membuat Cambridge Analytica mampu mengumpulkan data pribadi orang-orang yang ikut kuis kepribadian online yang disebut 'This Is Your Digital Life'. Sekitar 270 ribu orang mengukit kuis tersebut, tetapi mereka juga memaparkan data dari semua kontak mereka.

Data tersebut, kemudian digunakan oleh Cambridge Analytica untuk menargetkan pengguna Facebook dengan propaganda politik selama pemilihan presiden AS 2016 dan referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Facebook mengungkapkan pekan lalu, lebih dari 1 juta orang di Inggris menemukan data mereka dibagikan secara tidak layak oleh Cambridge Analytica,' sementara lebih dari data 70 juta orang di AS datanya digunakan.

Orang-orang yang datanya disalahgunakan menerima pesan 'Kami telah melarang situs web 'This Is Your Digital Life', yang digunakan oleh salah satu teman Anda untuk masuk ke Facebook. Kami melakukan ini karena situs web mungkin telah menyalahgunakan sebagian informasi Facebook Anda dengan membagikannya ke perusahaan bernama Cambridge Analytica'.

Informasi lebih lanjut tentang bagaimana data digunakan dimasukkan dalam tautan berjudul 'Lihat bagaimana Anda terpengaruh. "Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi kami berkomitmen untuk menghadapi pelecehan dan untuk membuat Anda mengendalikan informasi Anda," pesan itu menyimpulkan.

Mereka yang datanya tidak disalahgunakan oleh Cambridge Analytica menerima pesan yang menyatakan 'Kami memahami pentingnya menjaga data Anda aman, dan memudahkan Anda untuk mengontrol aplikasi mana yang Anda bagikan informasi'.Instruksi juga disediakan untuk membantu mengidentifikasi aplikasi dan situs web mana yang memiliki akses ke informasi pribadi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement