REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rina D Noviani, Manager Corporate Communications Telkomsel Area Pamasuka menjelaskan, saat ini terjadi gangguan layanan data khususnya di wilayah Jayapura dan Sekitarnya pada 6 April 2018 Pukul 21.00 WIT yang mengakibatkan terganggunya layanan data/internet karena adanya gangguan kabel optik bawah laut (SMPCS) Telkom jalur Sarmi – Biak. Adapun layanan telpon dan sms tetap normal.
Penanganan teknis agar layanan internet tetap dapat digunakan dilakukan dengan cara mengalihkan sementara waktu link transport ke media transmisi satelit dan IP Radio.
"Kami terus melakukan segala upaya maksimal untuk menangani gangguan tersebut agar layanan dapat kembali pulih sepenuhnya, dimana saat ini layanan kami telah berangsur normal," dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (7/4).
Telkomsel menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan terutama yang terganggu kenyamanannya dalam berkomunikasi atas gangguan yang terjadi.