Selasa 03 Apr 2018 16:38 WIB

Berlian Mewah Berumur 300 Tahun akan Dilelang

Berlian mewah berasal dari India dan pernah dimiliki oleh bangsawan Eropa.

Berlian Farnese Blue.
Foto: Livescience
Berlian Farnese Blue.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlian yang sangat mewah dan mahal akan dilelang secara terbuka dalam sejarah 300 tahunnya. Rumah lelang menyatakan berlian itu bisa dihargai antara 3,69 juta dolar AS (sekitar Rp 49 miliar) hingga 5,27 juta dolar AS (Rp 71 miliar). Lelang dilakukan 15 Mei mendatang.

Menurut Mining.com, berlian biru abu-abu gelap 'Farnese Blue' 6,16 karat ini berasal dari India. Berlian ini diambil pada awal kolonisasi berdarah Inggris yang brutal pada abad ke-18.

Berlian berasal dari tambang Golconda, yang merupakan sumber dari banyak berlian India yang terkenal. Berlian yang ditambang dari sini banyak dibeli oleh orang-orang Eropa.

The Farnese Blue lulus pertama kali dimiliki oleh ratu Spanyol kelahiran Italia yakni Elisabeth Farnese. Berlian ini dimilikinya sebagai hadiah pernikahannya dengan Raja Spanyol Philip V.

Selama 300 tahun berlian ini selalu berada di dalam jaringan keluarga kerajaan Eropa yang luas dan saling terkait termasuk Spanyol, Prancis, Italia, dan Austria. Berlian ini disimpan di dalam brankas kerajaan.

"Kecuali kerabat dekat, dan tentu saja pemilik perhiasan keluarga, tidak ada yang tahu keberadaannya," kata Sotheby, kurator yang menangani penjualan berlian ini, dilansir dari LiveScience.

Belum diketahui siapa yang nantinya akan diuntungkan dari penjualan Farnese Blue ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement