Selasa 27 Mar 2018 17:50 WIB

Apple Siapkan iPad Murah Demi Saingi Chromebook Google

iPad itu akan dibanderol dengan harga 259 dolar AS.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
iPad Apple
Foto: Reuters
iPad Apple

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple tengah menyiapkan strategi demi melawan dominasi Chromebook besutan Google. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini tengah menyiapkan peluncuran iPad namun dengan harga yang murah untuk segmen pendidikan.

Langkah Apple tersebut ditempuh guna mengembalikan lagi kejayaan iPad dan laptop Mac yang sempat merajai ruang-ruang kelas di Amerika Serikat lima tahun silam. Namun kejayaan Apple tak berlangsung lama karena disalip oleh kehadiran Google Chromebook.

Akibatnya, penjualan iPad merosot tajam dalam tiga tahun terakhir. Agar tak semakin terpuruk maka Apple pun bersiap menyuguhkan iPad versi murah. iPad versi anyar itu dijanjikan 'membawa ide-ide baru bagi para guru dan murid'.

Kabar yang berhembus juga menyebut budget iPad itu akan dibanderol dengan harga 259 dolar AS. Bloomberg menyatakan produk itu akan diumumkan dalam event edukasi Appleyang digelar Apple pada 27 Maret ini.

Iklan yang ditampilkan Apple juga mengindikasikan jika produk iPad terbaru akan segera diluncurkan. "Apa itu komputer?" demikian bunyi pariwara Apple yang beredar saat ini.iPad murah itu mendukung fitur stylus, sebagaimana Apple Pencil yang biasa ditemukan dalam model iPad Pro yang harganya lebih mahal.

Jika kita kembali menilik 2015, Apple tercatat pernah melakukan kesalahan saat 640 ribu siswa di Los Angeles menemui banyak hambatan dalam mengoperasikan iPad. Para siswa mengaku kesulitan mengetik di layar iPad, mengelola pengaturan iPad, dan beberapa di antaranya bahkan sulit mengakses internet.

Los Angeles Unified School District bahkan mendesak Apple membayar 4,2 juta dolar AS atas kerugian yang menimpa program pengadaan iPad senilai satu miliar dolar AS. Setelah blunder tersebut, Apple berjanji akan memperbaiki kinerja iPad, dilansir laman TheVerge.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement