Selasa 27 Mar 2018 16:08 WIB

Facebook Kumpulkan Data dan Pesan dari Ponsel Android

Pengumpulan data ini nampaknya hanya berlaku pada perangkat Android.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Facebook
Foto: hardware.com
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah kerahasiaan data Facebook nampaknya semakin memuncak. Kali ini, Facebook dikabarkan melakukan pengumpulan data dari telepon dan pesan pengguna Facebook yang mengakses akun mereka dari perangkat Android.

Melalui Twitter, seorang warga negara Selandia Baru bernama Dylan McKay secara tak sengaja menemukan indikasi pengumpulan data pribadi pengguna oleh Facebook. McKay mengaku pada mulanya ia mengunduh data Facebook-nya dalam bentuk dokumen ZIP.

"Entah bagaimana dokumen ini memuat semua riwayat telepon saya dengan pasangan ibu saya," ungkap McKay seperti dilansir UberGizmo.

Hal senada juga dilaporkan oleh beberapa pengguna Facebook lain. Temuan ini bahkan sudah diverifikasi oleh laman berita yang fokus pada teknologi bernama Ars Technical.

Dalam hal pengumpulan data ini, Facebook tidak bisa mengetahui konten di dalam telepon maupun pesan dari pengguna. Facebook hanya mengetahui data tentang kapan dan siapa orang yang dihubungi oleh pengguna Facebook melalui telepon serta pesan singkat.

Meski terkesan mengkhawatirkan, sebenarnya Facebook tidak melakukan pengumpulan data ini secara ilegal. Pengguna Facebook mungkin tanpa sadar telah memberi izin kepada Facebook untuk mengumpulkan data-data ini ketika pengguna menggunakan aplikasi Facebook.

"Bagian terpenting dari aplikasi dan layanan yang dapat membantu Anda menjalin hubungan adalah dengan memudahkan Anda untuk menemukan orang-orang yang Anda inginkan untuk terhubung," ungkap Juru Bicara Facebook kepada Ars Technical.

Untuk itu, juru bicara Facebook mengatakan saat pertama kali pengguna ponsel pintar menggunakan aplikasi sosial maupun aplikasi pesan, sudah menjadi hal yang lumrah jika secara otomatis aplikasi tersebut mulai bekerja dengan cara mengunggah kontak telepon dari ponsel pengguna.

Hanya saja, pengumpulan data ini nampaknya hanya berlaku pada perangkat Android. Alasannya, sistem operasi iOS tidak pernah membiarkan akses terhadap data telepon berlangsung secara diam-diam.

Kabar baiknya, pengguna yang merasa keberatan dengan pengumpulan data ini bisa menghapus kontak telepon yang sudah terlanjur terunggah di Facebook. Pengguna cukup pergi ke laman Manage Invites and Imported Contacts dan klik tulisan Remove all contacts yang terletak di bagian bawah laman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement