Jumat 23 Mar 2018 09:38 WIB

Instagram Umumkan Cara Baru Gunakan Tagar, Begini Langkahnya

Untuk menaruh tagar, pengguna Instagram cukup memilih 'edit profile'.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Hastag di Instagram Bio.
Foto: Mashable
Hastag di Instagram Bio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, Instagram mengikuti jejak Twitter dengan membuat sedikit perubahan pada Instagram bio. Melalui perubahan baru ini, para pengguna Instagram bisa menuliskan tagar maupun menaruh link profil pengguna lain di dalam Instagram bio mereka.

"(Pembaruan ini merupakan cara) untuk membuat profil menjadi rumah dari hal-hal yang paling penting bagi Anda," kata Instagram melalui pernyataan dalam laman resminya, seperti dilansir Mashable.

Untuk menaruh tagar, pengguna Instagram cukup memilih 'edit profile' dan menuliskan tagar sesuai keinginan mereka. Nantinya, tagar yang termuat dalam Instagram bio ini bisa diklik oleh pengguna lain.

Hal yang sama juga dilakukan untuk menambah link profil pengguna Instagram lain ke dalam Instagram bio. Pengguna hanya perlu memilih 'edit profile' dan menambahkan tanda '@' sebelum menuliskan nama pengguna lain yang ingin dimasukkan ke dalam Instagram bio.

Pengguna yang namanya dituliskan dalam Instagram bio akan mendapatkan notifikasi. Mereka bebas memilih untuk menghapus link profil atau tidak dari Instagram bio.

Pembaruan Instagram ini dinilai mengikuti jejak Twitter yang sudah memberlakukan penulisan tagar dan link pada Twitter bio sejak 2016 lalu. Instagram memang sudah menunjukkan ketertarikan untuk fokus terhadap penjelajahan konten melalui tagar sejak beberapa bulan terakhir. Pada Desember kemarin, misalnya, Instagram memungkinkan pengguna untuk mengikuti tagar yang mereka minati.

Sebelumnya, penggunaan tagar dianggap sebagai tren dunia maya yang tak akan berumur panjang. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaan tagar dalam media sosial ternyata makin banyak dimanfaatkan oleh pengguna media sosial untuk saling terhubung dengan apa pun yang mereka minati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement