Jumat 23 Mar 2018 09:24 WIB

Ios 11 Miliki Celah Keamanan pada Pesan Tersembunyi

Anda cukup meminta Siri untuk membacakannya kepada Anda.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Siri
Foto: Telegraph
Siri

REPUBLIKA.CO.ID, CONNECTICUT -- Apple memperkenalkan cara baru untuk melindungi privasi pengguna dengan memungkinkan pengguna menyembunyikan konten pemberitahuan di layar kunci Iphone hingga membuka kunci perangkat dengan Touch ID atau Face ID pada Ios 11. Namun, ternyata ada cara yang sangat sederhana untuk membaca notifikasi tersembunyi ini, bahkan jika Anda tidak dapat membuka kunci ponsel.

Dikutip dari Mashable, Anda cukup meminta Siri untuk membacakannya kepada Anda. Bug baru yang ditemukan oleh Mac Magazine (via 9to5Mac). Mereka mengungkapkan bahwa pengguna dapat meminta Siri untuk memata-matai pemberitahuan tersembunyi seseorang. Bahkan, dengan fitur Show Previews yang disetel untuk hanya menampilkan 'when unlocked', Anda masih dapat meminta Siri untuk membaca pemberitahuan tersembunyi dengan keras dengan mengatakan 'Hey Siri, read my notifications'.

Siri dapat membaca pesan tersembunyi dari aplikasi olah pesan pihak ketiga, seperti Signal dan WhatsApp pada Iphone X dan Iphone 8 Plus yang menjalankan Ios versi terbaru (11.2.6). Mac Magazine mengatakan, bug Siri meluas ke perangkat Ios yang menjalankan Ios 11.3 beta dan aplikasi pesan lain, seperti Telegram dan Skype. Satu-satunya aplikasi pesan yang tidak terpengaruh oleh bug tampaknya adalah Pesan milik Apple sendiri.

Bug itu cukup serius karena pengguna berpikir pesannya tersembunyi di balik dinding keamanan yang sepenuhnya terbuka bagi siapa saja yang ingin mengaksesnya. Dalam sebuah pernyataan, Apple sadar akan bug tersebut dan tengah berupaya memperbaikinya.

"Kami menyadari masalah ini dan akan ditangani dalam pembaruan perangkat lunak yang akan datang," kata Apple.

Anda dapat menghindari masalah ini sementara waktu dengan menonaktifkan pemberitahuan layar kunci untuk aplikasi pesan atau dengan menonaktifkan Siri ketika ponsel terkunci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement