Sabtu 17 Mar 2018 20:50 WIB

Ini Dia Robot Peliharaan untuk Hilangkan Kesepian Lansia

Robot anjing diberi nama KC, si kuda diberi nama Keno.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Endro Yuwanto
Robot anjing untuk lansia
Foto: metro
Robot anjing untuk lansia

REPUBLIKA.CO.ID, DEVON -- Saat usia semakin bertambah dan tidak memungkinkan keluar rumah, mudah rasanya untuk merasa kesepian. Hidup di home care atau panti jompo bisa menciptakan pengalaman yang mengisolasi.

Untuk mengobati kesepian dan memberikan kenyamanan pada lanjut usia, jasa perawatan Kenwith Castle melakukan pendekatan yang tidak biasa, yakni mengenalkan robot kuda dan anjing.

Sementara robot anjing diberi nama KC, si kuda diberi nama Keno. Keduanya akan bereaksi, bersuara ketika seseorang mengelus tubuh mereka. Dua robot ini dapat membantu memberikan stimilasi mental, persahabatan, dan kenyamanan kepada seseorang. Terutama bagi penderita demensia yang mungkin merasa sulit untuk berhubungan dengan orang lain.

Tidak seperti hewan peliharaan umumnya, KC dan Keno akan memberikan reaksi yang sama pada tiap waktu. Mereka tidak mengenal perbedaan suasana hati dan tidak membutuhkan perawatan. Inilah yang menyebabkan dua robot hewan mampu menjadi solusi untuk mengurangi stres bagi lansia.

Kenwith Castle baru mengenalkan robot peliharaan ini pada enam bulan lalu. Tapi, mereka sudah terbilang populer dengan banyaknya masyarakat yang mengelus KC dan menyikat rambut Keno. "Masyarakat bisa berinteraksi dengan KC dan Keno. Mereka bisa dimanja," ujar salah satu pengelola Kenwith Castle Rae Vanstone dilansir dari Metro, Sabtu (17/3).

Biasanya, KC dan Keno dibawa ketika Kenwith Castle berkunjung ke salah seorang lansia untuk terapi. Tapi, menurut Vanstone, sudah ada beberapa keluarga yang membeli robot anjing mereka sendiri untuk disimpan di kamar sendiri.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement