Senin 05 Mar 2018 14:19 WIB

Awair, Pemantau Kualitas Udara Canggih di Rumah

Awair dapat memantau kualitas udara dengan melakukan penilaian.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Awair. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Awair. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika melihat asap pabrik maupun asap knalpot kendaraan yang tebal, salah satu refleks pertama yang dilakukan sebagian besar orang adalah menutup hidung dan mulut. Hal ini dilakukan karena asap pabrik dan asap knalpot kendaraan sudah identik dengan polusi udara yang membahayakan kesehatan.

Namun, masyarakat jarang menyadari bahwa mereka mungkin tanpa sadar menghirup udara berkualitas buruk sehari-hari. Kualitas udara yang buruk juga dapat membawa dampak kurang baik bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah suasana hati yang buruk, mudah sakit berulang kali hingga sulit tidur.

Sayangnya, kualitas udara yang buruk di rumah maupun tempat kerja sulit dipantau dengan mata telanjang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas udara yang kita hirup sehari-hari adalah dengan menggunakan alat pemantau udara pintar bernama Awair maupun Awair Glow.

Awair dapat memantau kualitas udara dengan melakukan penilaian terhadap lima faktor penentu kualitas udara. Kelima faktor ini meliputi debu, senyawa kimia volatile organic compund (VOC), karbon dioksida dan temperatur udara.

Kadar dari tiap faktor penentu kualitas udara ini dapat mempengaruhi kesehatan saluran pernapasan, kualitas tidur, fokus, suasana hati dan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, orang yang sering terpapar udara berkualitas buruk mungkin merasa lebih mudah sakit atau mulai mengalami alergi yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

Awair bisa digunakan untuk mencegah beberapa masalah kesehatan akibat kualitas udara yang kurang baik. Alat ini bisa diatur agar tes udara yang dilakukan lebih berfokus pada perbaikan kualitas tidur, pengontrolan alergi atau asma maupun peningkatan produktivitas.

Selain memantau kualitas udara, Awair juga menyediakan beberapa informasi yang bisa dilakukan pengguna terkait temuan kualitas udara yang kurang baik. Awair juga menyediakan beragam tips terkait perbaikan kualitas udara yang sudah disesuaikan dengan kondisi lingkungan pengguna.

Awair Glow memiliki fitur tambahan yang lebih prima. Alat ini juga dapat membantu pengguna untuk mengontrol kualitas udara yang ada di sekitar pengguna. Awair Glow bisa dikoneksikan dengan beragam produk rumah tangga seperti kipas, alat pemanas ruangan, alat pelembap ruangan hingga alat pembersih udara. Alat-alat ini bisa dinyalakan secara otomatis ketika Awair Glow menilai alat tersebut perlu dinyalakan untuk membuat kualitas udarah menjadi lebih baik.

Seperti dilansir Mashable, produk Awair yang canggih ini dapat dioperasikan dengan mudah oleh penguna. Pengguna juga akan lebih mudah memahami kualitas udara yang mereka hirup dengan menggunakan alat pemantau kualitas udara ini. Yang cukup menarik, Awair juga menyediakan aplikasi yang bisa diakses melalui iPhone dan ponsel Android sehingga pemantauan kualitas udara menjadi sangat mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement