Jumat 02 Mar 2018 05:17 WIB

Microsoft dan Xiaomi Garap Perangkat AI Powered Bersama

Salah satunya adalah mengembangkan speaker pintar, ponsel pintar dan gawai lainnya.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Speaker pintar. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Speaker pintar. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah survei mengemukakan bahwa speaker pintar keluaran Gopgle dan Amazon saat ini mendominasi pasar. Hal tersebut memacu perusahaan lain untuk mengejar pertandingan dengan keduanya. Termasuk dengan cara bekerja sama antar perusahaan seperti yang dilakukan oleh Microsoft dan Xiaomi.

Kedua perusahaan tersebut dilaporkan The Verge baru saja menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama dalam hal-hal seperti cloud computing, AI, dan perangkat keras lainnya. Salah satunya adalah mengembangkan speaker pintar, ponsel pintar dan gawai lainnya.

Kedua perusahaan tersebut sebenarnya telah memiliki produk speaker pintar. Seperti speaker pintar Microsoft, Harman Kardon Invoke dan Xiaomi yang baru meluncurkan Mi AI pada tahun lalu.

Seperti dilansir dari laman Ubergizmo, ada kemungkinan kemitraan dua perusahaan ini dapat mengembangkan sesuatu yang dapat menjadi keunggulan. Momen ini juga dapat digunakan dalam berbagi rahasia perusahaan. Seperti Xiaomi yang dapat memanfaatkan platfrom cloud Microsoft Azure untuk memperluan layanan pengguna dan Microsoft yang dapat berkonsultasi dengan Xiaomi dalam pemasaran produknya di pasa internasional.

"Dengan berkolaborasi dengan Microsoft di berbagai bidang teknologi, Xiaomi dapat mempercepat langkah untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih baik bagi pengguna," papar Senior Vice President Global Xiaomi, Wang Xiang.

"Pada saat yang sama, kemitraan ini akan memungkinkan Microsoft menjangkau lebih banyak pengguna di seluruh dunia yang menggunakan produk Xiaomi," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement