Rabu 28 Feb 2018 08:02 WIB

Patung Bagian Tubuh Firaun Ditemukan di Mesir

Ramses II dikenal Ramses the Great memerintah Mesir dari 1279 SM sampai 1213 SM.

Temuan patung bagian tubuh Ramses II.
Foto: Physic.org
Temuan patung bagian tubuh Ramses II.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Arkeolog Mesir mengklaim telah menemukan patung yang merupakan salah satu Firaun yang paling terkenal di bagian selatan kota Aswan. Kementrian Barang Antik Mesir mengatakan kepala dan dada patung Ramses II ditemukan di Kuil Kom Ombo.

Dilansir dari Gulftoday, Mesir berharap temuan itu akan kembali membantu menghidupkan kembali sektor pariwisata yang telah kacau balau karena kerusuhan bertahun-tahun sejak 2011.

Ramses II, yang dikenal juga sebagai Ramses the Great memerintah Mesir dari 1279 SM sampai 1213 SM. Selama memerintah dia memperluas wilayah Mesir hingga ke Suriah dan Sudan hingga ke selatan.

Belum lama ini, Mesir juga mengumumkan sebuah kota mati kuno di dekat lembah Nil, kota Minya, wilayah selatan Kairo. Penemuan terakhir di lokasi ini adalah rumah katakomba kuno dari Firaun periode akhir dan dinasti Ptolemeus.

Terdapat pemakaman besar di utara Tuna Al Gabal, sebuah situs arkeologi yang luas di tepi gurun barat. Wilayah ini terdiri dari berbagai kuburan keluarga.

Pahatan Unta Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Arab

"Kami butuh setidaknya lima tahun untuk menyelesaikan penelitian kota mati ini," ujar Menteri Barang Antik Mesir Khaled Al Anani.

Dia menyebut temuan ini hanyalah sebuah awalan. Arkeolog mulai menggali pada akhir tahun lalu dalam sebuah pencarian untuk menemukan sisa-sisa pemakaman pada zaman Mesir kuno. Mereka mengkalaim menemukan makam milik Thoth, yang menurut kepercayaan bangsa Mesir kuno merupakan dewa bulan dan kebijakan.

Satu makam mencakup lebih dari 1.000 patung dan terdapat empat toples yang ditulis dengan hieroglif dan dirancang untuk menampung organ dalam mumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement