Selasa 27 Feb 2018 07:48 WIB

Troll Twitter Ramai-Ramai Gunakan Huruf India untuk Username

Mereka sebenarnya sedang memanfaatkan bug Apple terbaru.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, para troll di Twitter terlihat menambahkan satu huruf India pada  username mereka. Para troll ini sengaja menggunakan huruf India untuk membuat para pengguna iPhone yang mengakses Twitter mengalami masalah.

Bukan tanpa alasan para troll di Twitter ini menggunakan huruf India pada username mereka. Mereka sebenarnya sedang memanfaatkan bug Apple terbaru di mana sebuah sebuah huruf pada keyboard dapat membuat iPhone mengalami crash atau gagal berfungsi. Huruf yang dimaksud adalah huruf dari bahasa Telugu, India.

Kemunculan huruf India ini pada timeline Twitter pengguna iPhone akan membuat aplikasi Twitter menutup seketika. Banyaknya troll yang menggunakan huruf India ini pada username mereka membuat para pengguna iPhone terus mengalami masalah ketika mengakses Twitter.

Cukup banyak pengguna Twitter yang mengeluh karena aplikasi Twitter pada iPhone mereka mengalami crash berulang kali. Mereka pada awalnya tidak menyadari apa yang menyebabkan aplikasi Twitter tersebut terus-menerus mengalami crash.

"Masalah ini disebabkan oleh sebuah huruf India, yang jika diterima atau sekedar disisipkan dalam text field dapat membuat beragam aplikasi mengalami freeze atau sistem operasi mengalami crash," jelas pemerhati teknologi Giuseppe Tripodi melalui Moblie World.

Tripodi mengatakan jika huruf India tersebut muncul dalam sebuah aplikasi, maka aplikai tersebut akan mengalami crash dan terus menutup secara otomatis setiap kali diakses. Situasi akan lebih buruk jika seseorang mengingirim pesan dengan huruf tersebut dan iOS mencoba menampilkan huruf tersebut pada notifikasi.

"Dalam kasus ini, seluruh (iOS) Springboard akan terblok," lanjut Tripodi.

Oleh karena itu, para pengguna iPhone disarankan untuk mengakses Twitter mereka melalui perangkat non Apple dan mem-block tiap akun yang menggunakan huruf India pada username mereka. Dengan begitu, para pengguna iPhone tak akan menemukan kendala lagi saat mengakses Twitter dari ponsel mereka.

"Anda perlu masuk ke Witter melalui produk non Apple dan mencari siapapun yang menggunakan huruf tersebut dan block mereka. Itu akan menghentikan crash," terang akun Twitter @TristenHeath seperti dilansir Mail Online.

Masalah yang ditimbulkan oleh bug ini bisa mengenai semua perangkat Apple dan hampir semua sistem operasi iOS. Satu-satunya sistem operasi yang tidak terpengaruh oleh bug ini adalah iOS 11.3.

Selain aplikasi Twitter, bug ini juga bisa menutup akses terhadap iMessages, WhatsApp, Facebook Messenger, Outlook for iOS dan Gmail. Pihak Apple mengatakan mereka telah mengetahui keberadaan bug ini dan sedang berupaya untuk mengatasi kendala tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement