Kamis 22 Feb 2018 09:44 WIB

Intel Ungkap Prototipe Kartu Grafis 1,5 Miliar Transitor

Sebelumnya intel meluncurkan prototip GPU berdasarkan proses 14nm.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Intel. Ilustrasi
Foto: Reuters
Intel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Sejak Intel membajak Pemimpin Grup AMD Radeon Tech Raja Koduri, ia kemudian membawa idenya dengan sebuah prototipe baru untuk Intel. Pada Konferensi Sirkuit Solid Solid State IEEE, Intel meluncurkan prototip GPU berdasarkan proses 14nm.

Menurut PC Watch, dikutip dari Techradar, Kamis (22/2) prototipe GPU berisi 1.542 miliar transistor terbagi antara dua chip, satu menjadi unit prosesor grafis yang sebenarnya dan yang lainnya adalah field programmable gate array (FPGA). Dimasukkannya FGPA menunjukkan prototipe GPU ini mungkin dalam pengembangan untuk penggunaan workstation dan server daripada game atau pertambangan.

Intel belum mengungkapkan maksud prototipenya dan hanya menyebutnya sebagai bukti konsep. Tanpa angka kinerja, juga tidak dapat menarik lebih banyak kesimpulan di sini.

Namun, seperti halnya prosesor perusahaan, arsitektur prototipe GPU diharapkan makin efisien. Terlepas dari arah mana Intel mengembangkannya, fakta bahwa ia menutup kartu grafis khusus harus masuk pasar yang didominasi oleh Nvidia dan AMD sedikit lebih menarik. Hal ini sejalan dengan perang teknologi yang bergerak ke arah prosesor PC, dimana Intel dan AMD siap bersaing dengan produk terbarunya, bersama dengan Nvidia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement