Rabu 14 Feb 2018 05:13 WIB

Ini Kelebihan TV Oled Dibandingkan LCD atau LED

LG akan meningkatkan kapasitas produksi TV OLED melalui pabriknya di Cibitung.

TV OLED produksi LG.
Foto: LG
TV OLED produksi LG.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Persaingan TV kelas premium di tahun ini tampaknya bakal semakin sengit. PT LG Electronics Indonesia (LG) telah mengeluarkan pernyataan terkait fokus bisnisnya untuk menggarap pasar TV OLED di Indonesia.

“Tren permintaan yang terus meningkat sepanjang tahun, hingga mencapai tiga kali lipat hingga penutupan tahun 2017 lalu, menunjukkan TV OLED semakin menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencari teknologi TV premium,” ujar Jong Woo Park, Product Marketing Manager Home Entertainment LG Electronics Indonesia.

Mendukung ambisinya ini, LG menyatakan telah menyiapkan dua strategi besar. Pertama, perusahaan asal Korea Selatan ini bakal melakukan peningkatan kapasitas produksi dalam negeri bagi TV OLED melalui pabriknya yang berada di Cibitung.

Selanjutnya, berbagai varian baru lengkap dengan berbagai pengembangan teknologi di dalamnya pun siap diperkenalkan. Termasuk di dalamnya, jajaran TV OLED LG yang diperkenalkan perdana dan menjadi jawara di Consumer Electronics Show 2018.

Lantas apa keunggulan TV Oled dibandingkan LCD dan LED?

TV LCD dan LED merupakan generasi sebelum OLED. TV dengan panel LCD atau LED memiliki prinsip kerja menggunakan pencahayaan latar berupa deret lampu LED di belakang panelnya. Deret lampu ini bertugas memberi cahaya pada warna yang direproduksi panelnya.

Sementara kata Organic Light Emitting Diode merujuk pada kemampuan tiap piksel yang secara organik mengatur tingkat pencahayaannya tanpa perlu lagi deret lampu LED untuk pencahayaan latar. Ketiadaan pencahayaan latar ini membuat OLED dapat mencapai contrast ratio, perbandingan warna yang mampu dicipta sebuah media penampil dari hitam hingga putih, sampai tak terhingga.

Hal ini karena pada saat mencipta warna hitam, piksel OLED benar-benar mati. "Tanpa pencahayaan belakang, membuatnya benar-benar mampu menciptakan hitam dengan kedalaman pekat," ujar Jong Woo Park menjelaskan.

Kemampuan menghasilkan warna hitam absolut ini di sisi lain berkontribusi pada meningkatnya akurasi detail gambar, disamping pula memberikan efek lebih dramatis pada tiap objek tertayang. Disisi lain, ketiadaan deret LED sebagai pencahayaan latar pun membuat dimensi TV OLED LG sangat tipis. Hal yang kemudian dimanfaatkan benar oleh LG untuk mengedepankan sisi elegannya.

Keunggulan TV OLED ini membuat masyarakat semakin memilihnya bagi TV kelas premium. Di sisi lain, ujar dia,  memberi dorongan pada pabrikan untuk memproduksi dan mulai memasarkannya belakangan ini. “Hal inilah yang mendorong kami untuk terus melakukan inovasi secara berkesinambungan dalam meningkatkan kenyamanan dan mendukung gaya hidup pengguna TV OLED LG," ujar Jong Woo Park, lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement