Senin 12 Feb 2018 06:56 WIB

Youtube Ciptakan Hukuman Baru untuk Kreator Berbahaya

Youtube berharap hukuman baru bisa mencegah tindakan buruk yang mungkin terjadi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awal bulan ini Youtube mengatakan akan memberikan hukuman lebih keras pada kreator berbahaya. Panduan komunitas yang diperbarui dimaksudkan untuk memastikan pembuat konten tidak mengunggah video berbahaya.

Video berbahaya yakni jika kontennya menggambarkan preman jahat yang membuat orang trauma, mempromosikan kebencian atau kekerasan terhadap suatu kelompok, dan lain-lain. Youtube memiliki sistem untuk menerapkan pedoman tersebut dan mengulangi risiko penghentian saluran mereka.

Menurut laporan yang dikutip dari Ubergizmo, Ahad(11/2), Youtube sekarang telah muncul dengan seperangkat alat untuk digunakan dalam kasus di mana tindakan cepat diperlukan. Alat ini dapat menghapus saluran dari program iklan pilihan dan bahkan menghapus saluran original Youtube. Hal ini dapat sepenuhnya menangguhkan kemampuan saluran untuk menayangkan iklan dan memperoleh pendapatan serta mencabut dukungan dan akses pencipta ke Youtube.

Selain itu, perusahaan juga dapat menghapus kelayakan saluran untuk direkomendasikan di Youtube. Video dan saluran berbahaya mungkin tidak muncul di beranda, trending tab, atau tontonan berikutnya.

Youtube mengharapkan hukuman baru ini hanya digunakan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi. Harapannya ini akan mencegah tindakan buruk beberapa orang ke komunitas yang lebih luas.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement