Sabtu 10 Feb 2018 07:50 WIB

Apple Hapus Telegram dari App Store

Apple mengambil tindakan tersebut karena konten tidak pantas ada di aplikasi itu.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Logo Aplikasi Telegram
Foto: Youtube
Logo Aplikasi Telegram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi pesan populer, Telegram saat ini tidak lagi tersedia di iOS App Store. Apple menghapus aplikasi utama ini seperti yang mereka lakukan dengan Telegram X. Apple mengambil tindakan tersebut karena konten tidak pantas ada untuk pengguna Telegram di iOS.

Sebelumnya CEO Telegram, Pavel Durov menuturkan bahwa Telegram telah diperingatkan oleh Apple. Mereka menilai bahwa ditemukan konten tidak pantas baik dari Telegram dan Telegram X hingga harus dihapus dari App Store. "Begitu kita memiliki perlindungan, kita harap aplikasi akan kembali ke App Store," kata Pavel melalui akun Twitternya.

Telegram mendapat popularitas yang cepat pada 2013 lalu karena menawarkan enkrispsi end to end, yakni pesan yang hanya dapat dilihat oleh pengirim dan penerima tanpa diketahui siapapun termasuk Telegram. Sebagian besar layanan pesan menawarkan tingkat keamanan, namun Telegram menjadi aplikasi pertama yang membuatnya populer.

Seperti dilansir dari laman Ubergizmo, tidak jelas konten apa yang menyebabkan Apple menghapus kedua aplikasi tersebut. Sementara itu, Telegram tidak memberikan kepastian berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun perlindungan untuk memungkinkan aplikasi tersebut kembali ke App Store.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement