Jumat 09 Feb 2018 05:18 WIB

Perubahan Chernobyl ke Pabrik Solar Raksasa Hampir Rampung

Pembangkit tersebut diprediksi bisa menyediakan satu megawatt daya.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
kawasan nuklir Chernobyl. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
kawasan nuklir Chernobyl. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CHERNOBYL -- Di lokasi bencana nuklir Chernobyl di Ukraina, sebuah pembangkit tenaga surya raksasa baru hampir selesai dibangun. Pembangkit tersebut diprediksi bisa menyediakan satu megawatt daya terbarukan untuk jaringan listrik lokal.

Pabrik baru ini berdiri hanya seratus meter dari Object Shelter, yang dijuluki 'sarkofagus', sebuah kubah logam yang disegel yang dirancang untuk mencegah kebocoran radiasi lebih lanjut dari sisa-sisa Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl. Ledakan yang terjadi pada 26 April 1986 ini merupakan satu dari dua kecelakaan nuklir paling dahsyat sepanjang sejarah selain di Fukushima, Jepang.

Namun, pemasangan panel surya ini menawarkan harapan bahwa situs tersebut sekarang dapat digunakan untuk membantu masyarakat daripada melukai planet ini. ''Pembangkit tenaga surya ini dapat memenuhi kebutuhan sebuah desa berukuran sedang,'' kata Yevgen Varyagin, bos Solar Chernobyl yang menjalankan proyek tersebut, dikutip dari Sciencealert.

Satu megawatt itu setara dengan sekitar 2 ribu. Tanah di daerah tersebut tetap terkontaminasi parah, dan pihak berwenang Ukraina mengatakan akan memakan waktu lebih dari 24 ribu tahun sebelum orang-orang dapat dengan selamat kembali tinggal di sana.

Namun pabrik baru tersebut menunjukkan bahwa lahan seluas ini yang luas dapat dimanfaatkan dengan baik. Dan sebagian mungkin berkat Tempat Penampungan, yang dipasang pada akhir 2016 untuk menggantikan perisai beton tua yang semula dipasang, untuk mengurangi radiasi di dekat pabrik sampai sepersepuluh dari tingkat sebelumnya.

Pabrik surya baru ini mencakup sekitar 16 ribu meter persegi (3,95 hektar) dan dilengkapi dengan 3.800 panel fotovoltaik untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Bukan berarti tidak ada masalah dengan situs ini.

Sebagai salah satu tindakan pencegahan, panel surya dipasang pada pelat beton daripada dipasang di ground, karena pengeboran dan penggalian masih dilarang. Tapi sekarang ada sekitar 25 kilometer persegi (6.178 hektar) yang telah disediakan oleh pemerintah Ukraina untuk pengembangan tenaga surya, dengan 60 proposal saat ini dipertimbangkan oleh pihak berwenang.

Solar Chernobyl dan beberapa mitra juga baru saja menyelesaikan pembangkit tenaga surya berkapasitas 4.2 megawatt di Belarus, yang masih berada di zona iradiasi. Keuntungan lain dari situs ini adalah sudah terhubung ke grid karena pembangkit tenaga nuklir, yang terus beroperasi dalam beberapa bentuk sampai tahun 2000.

Ledakan asli pada tahun 1986 terjadi ketika Chernobyl adalah bagian dari Uni Soviet, dan disebabkan oleh kegagalan reaktor. Ini menyebabkan pelepasan radioaktif terbesar yang tidak terkendali ke atmosfer, dan dalam waktu tiga bulan secara langsung menewaskan 31 jiwa.

Kawasan yang terkontaminasi bahkan menutupi jutaan orang. Setelah evakuasi dan proses pembersihan yang ekstensif, wilayah ini berangsur-angsur menjadi bermanfaat lagi lebih dari 30 tahun kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement