Selasa 30 Jan 2018 12:15 WIB

Rencana AS Menasionalisasi Jaringan 5G Dinilai tak Mungkin

Kepemimpinan Amerika Serikat dalam penggelaran 5G sangat penting dan harus dilakukan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Teknologi jaringan 5G. Ilustrasi
Foto: Techradar
Teknologi jaringan 5G. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Rencana Pemerintah AS membangun, mengoperasikan dan menasionalisasi jaringan 5G dinilai belum memungkinkan. Laporan yang dikutip oleh Axios menyarankan, satu-satunya cara untuk benar-benar mengamankan jaringan nirkabel generasi berikutnya, di mana infrastruktur penting seperti mobil swakemudi, melawan pengintaian oleh Cina dan lainnya, dengan membangunnya jaringan sendiri.

Sebab, hal yang paling mungkin adalah pemerintah AS harus mengontrak atau setidaknya bekerjasama dengan perusahaan pihak, seperti AT & T dan Verizon, untuk membangun jaringan 5G baru. Namun hal tersebut tentu berisiko, karena kedua perusahaan itu juga memiliki klien di seluruh dunia, yang juga sedang dalam proses menguji dan menerapkan jaringan 5G.

Ketua FCC (Federal Communication Commission)  Ajit Pai menentang usulan pemerintah federal untuk membangun dan mengoperasikan jaringan 5G nasional. Menurut dia, pelajaran utama untuk menarik dari perkembangan sektor nirkabel selama tiga dekade terakhir, termasuk kepemimpinan Amerika di 4G, adalah kepentingan pasar, bukan pemerintah.

''Apa yang dapat dan harus dilakukan pemerintah adalah mendorong spektrum ke pasar komersial dan menetapkan peraturan yang mendorong sektor swasta untuk mengembangkan dan menerapkan infrastruktur generasi mendatang,'' kata Ajit, dikutip dari Techcrunch, Selasa (30/1).

Ia mengatakan, setiap usaha federal untuk membangun jaringan 5G yang dinasionalisasi akan menjadi tantangan yang mahal dan kontraproduktif dari kebijakan yang diperlukan untuk membantu Amerika Serikat memenangkan masa depan 5G. Komisaris FCC Mignon Clyburn juga menentang gagasan tersebut.

Ia menyatakan, kepemimpinan Amerika Serikat dalam penggelaran 5G sangat penting dan harus dilakukan dengan benar. Lokalitas memiliki peran sentral untuk menerapkannya, keahlian teknis yang dimiliki industri harus dimanfaatkan dan cybersecurity harus menjadi pertimbangan utama.

''Sebuah jaringan yang dibangun oleh pemerintah federal, saya rasa, tidak memanfaatkan pendekatan terbaik yang dibutuhkan bangsa kita untuk memenangkan perlombaan 5G,'' ucapnya.

Senator Mark Warner (D-VA) juga menyatakan keberatannya. Ia menuturkan, Trump menyadari mempertahankan kepemimpinan Amerika di era informasi memerlukan komitmen investasi yang signifikan.

Sehingga, ia khawatir bahwa membangun jaringan 5G yang dinasionalisasi akan mahal dan bersifat duplikatif, terutama pada saat pemerintah mengusulkan untuk memangkas investasi federal yang penting dalam litbang dan dukungan broadband untuk area yang tidak terlayani. Administrasi Trump sendiri mengatakan kepada Recode bahwa dokumen yang dilihat Axios telah gugur, dan itu bukan proposisi yang dipertimbangkan secara serius. Dewan Keamanan Nasional tidak mengawasi penyebaran broadband, dan tidak mungkin ini bisa melewati FCC.

''Dan meskipun NSC jelas memiliki keamanan nasional dalam pikiran ketika menunjukkan jalan ini, sejujurnya saya tidak akan mempercayai pemerintah untuk membangun jaringan yang aman dalam bentuk apapun, apalagi yang sebesar ini. Juga akan ada ironi yang cukup besar dalam sebuah pemerintahan yang berusaha mengamankan infrastruktur internetnya sekaligus mencoba untuk mengurangi enkripsi yang efektif,'' jelas Warner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement