Jumat 26 Jan 2018 10:17 WIB

Instagram Uji Fitur yang Bisa Ungkap 'Penguntit'

Sejumlah pihak menyebut fitur itu mirip dengan yang dimiliki Snapchat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Instagram
Foto: pixabay
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Aplikasi berbagi foto Instagram dilaporkan tengah menguji sebuah fitur baru di ranah internalnya. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengetahui pengguna lain yang berpotensi menjadi stalker atau 'penguntit'.

Menurut situs berita teknologi WABetaInfo, fitur akan memberi tahu jika ada pengguna lain yang melakukan tangkapan layar atau screenshot pada Instagram stories seseorang. Sejumlah pihak menyebut fitur itu mirip dengan yang dimiliki Snapchat.

Nama pengguna yang melakukan tangkapan layar akan ditandai dengan ikon khusus. Situs yang sama sebelumnya melaporkan Instagram menguji pelengkap baru bernama "Teks" yang dapat digunakan dalam fitur Instastories.

Meski tidak sepenuhnya baru, fitur pendeteksi screenshot yang sedang diuji coba dianggap sebagai pendukung keamanan yang cukup berguna. Paling tidak, pengguna akan mengetahui siapa yang memantau aktivitas mereka di media sosial dan membagikannya.

Baca juga: Kini Pengguna Instagram Bisa Follow Berdasarkan Tagar

Pengguna media sosial tentunya memiliki hak untuk merasa aman saat mengunggah konten apapun ke platform dunia maya. Menyediakan fitur ini kepada pengguna dapat mencegah risiko aktivitas media sosial yang membahayakan.

Ketika dihubungi, juru bicara Instagram belum mau menyampaikan komentar terkait fitur baru tersebut. Pihak perusahaan mengatakan belum ada informasi yang bisa dibagikan untuk saat ini, dikutip dari laman Mashable.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement