Kamis 25 Jan 2018 21:07 WIB

Telkom Hadirkan Xsight, Layanan Big Data Analytics

Potensi pemanfaatan data analitik dan API di xsight tidak terbatas

Telkom hadirkan layanan big data analytics melalui xsight
Foto: dok: Telkom Group
Telkom hadirkan layanan big data analytics melalui xsight

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah perkembangan teknologi, data dan analisa menjadi salah satu faktor penting dalam pengambilan satu keputusan. Karena itu kemampuan pengolahan data menjadi informasi dan insight yang cerdas sangat dibutuhkan guna mendukung pengambilan keputusan bisnis.

Telkom Group, melalui anak perusahaanya, Metranet menghadirkan layanan xsight yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan jaringan, jangkauan dan keamanan data Telkom Group, potensi pemanfaatan data analitik dan API di xsight tidak terbatas.

"Layanan xsight pada umumnya terbagi dua. Yaitu API (Application Programming Interface) dan Big Data Analytics," ujar Direktur Utama Metranet, Widi Nugroho dalam pernyataan tertulis, Kamis (25/1).

Saat ini, jelas Widi, xsight memiliki 14 API dengan fitur yang beragam. Seperti API SMS OTP yang digunakan untuk memverifikasi data seseorang via SMS, atau ada juga API SMS Notification yang berguna untuk mengirimkan informasi langsung pada ponsel pelanggan.

"API-API yang ada di xsight bersifat siap pakai sehingga para developer aplikasi dan start-up dapat menggunakannya guna memaksimalkan inovasi teknologi yang sedang dibangun," ujarnya.

Untuk layanan Big Data Analytics, xsight menawarkan tiga produk. Yaitu Risk Scoring, Media Rating dan SKALA yang menyediakan smart insight bagi para pemilik bisnis dalam mengambil keputusan lebih efisien dan tepat guna. Membuka potensi lebih luas.

"Xsight sebagai digital self-service portal menawarkan akses untuk penggunaan Layanan Analitik Big Data dan API Telkom guna mendukung bisnis menghadapi tantangan di era digital," ungkap Widi.

Ia mengatakan, dengan pengalaman bertahun-tahun, Telkom mampu menyajikan data dan analitik terpercaya guna membaca pasar Indonesia.

"xsight membantu pemilik bisnis untuk mempercepat masuk ke pasar secara efisien dengan menyediakan smart insight dari analisis Big Data Telkom. Membuka potensi bisnis lebih luas," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement