Rabu 24 Jan 2018 17:34 WIB

Digital Banking Mudahkan Nasabah Buka Rekening di Kedai Kopi

Kemudahan membuka rekening bisa dilakukan melalui aplikasi.

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto menunjukkan penggunaan teknologi biometrik untuk layanan digital banking Digibank by DBS di Kedai Kopi St. Ali Jakarta, Rabu (24/1).
Foto: Republika/Nora Azizah
Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto menunjukkan penggunaan teknologi biometrik untuk layanan digital banking Digibank by DBS di Kedai Kopi St. Ali Jakarta, Rabu (24/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era teknologi, buka rekening bank tidak perlu lagi datang ke kantor cabang. Beberapa bank besar di Indonesia sudah menerapkan layanan tersebut selama beberapa tahun terakhir.

Kali ini giliran Bank DBS Indonesia yang memperkenalkan layanan tersebut bagi calon nasabah tanah air. PT Bank DBS Indonesia meluncurkan konsep digital banking Digibank by DBS sejak Agustus 2017 lalu. Namun tahun ini, layanan diperluas dengan kemudahan membuka rekening bank melalui kedai kopi.

"Target kami memang milenials, mereka saat ini tidak bisa lepas dari gaya hidup minum kopi di coffeeshop," ujar Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto dalam peluncuran Digibank by DBS di kedai kopi St.Ali Jakarta, Rabu (24/1).

Leo mengatakan, kemudahan membuka rekening bisa dilakukan melalui aplikasi. Calon nasabah bisa mengunduh aplikasi Digibank by DBS melalui platform Android atau iOS. Kemudian calon nasabah bisa membuat janji temu dengan agen DBS di gerai kopi yang sudah bekerja sama dengan Bank DBS. Saat ini, sebanyak 21 kedai kopi sudah bekerja sama di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya.
 
Kedai kopi St. Ali Jakarta menjadi salah satu gerai untuk janji temu calon nasabah dengan agen bank. Permintaan meet up bisa dilakukan di dalam aplikasi. Caranya cukup mudah, yakni seperti memesan jasa transportasi online. Syarat calon nasabah cukup kuat, di antaranya harus memiliki e-KTP, Warga Negara Indonesia (WNI), dan proses verifikasi hanya bisa dilakukan di kedai kopi yang menjadi mitra.
 
"Dalam beberapa waktu ke depan jumlah kedai kopi akan kami tambah, dan meluas di kota lain," lanjut Leo. Digibank by DBS menargetkan 3,5 juta nasabah bisa bergabung dalam waktu lima tahun ke depan. Nasabah yang sudah bergabung bisa langsung mendapatkan keuntungan 20 persen potongan harga di gerai kopi yang bekerja sama dengan DBS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement