Rabu 24 Jan 2018 11:22 WIB

Instagram Tambahkan Fitur GIF untuk Insta Story

Fitur GIF di Instagram Story diharapkan menambah keatraktifan media sosial ini.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Instagram.
Foto: EPA
Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mencoba fitur GIF dalam Instagram Stories musim gugur lalu, kini Instagram secara resmi mengeluarkan stiker animasi tersebut. Instagram mengumumkan untuk menambah daftar sticker bergerak dalam fitur Instagram Story bekerja sama dengan Giphy pada Selasa (23/1).

Pilihan stiker di Insta Story kini menambah GIF bersama dengan pilihan lain seperti lokasi, waktu, dan grafis suhu. Dengan menekan ikon GIF maka pengguna dapat mencari pilihan sticker GIF tanpa keluar dari aplikasi. Dari sana, pengguna dapat menemukan stiker animasi bergerak dengan melihat GIF yang sedang populer atau menggunakan fitur pencarian agar dapat menemukan stiker yang lebih spesifik.

"Dari huruf yang memantul dan hati yang berputar di tarian kucing, serta piza di luar angkasa, stiker animasi ini membantu foto dan video menjadi lucu, menarik atau kreatif," tulis Instagram dalam pengumumannya seperti dilansir dalam laman Digital Trends.

Sebelumnya pengguna baru dapat menggunakan GIF dalam Instagram jika file tersebut dikonversikan ke file video MP4. Namun sekarang fitur GIF diintegrasikan langsung pada Instagram Stories. Perubahan tersebut mempermudah pengguna untuk mengunduh GIF, mengonversikan ke file video dan baru mengunggahnya menjadi hanya menekan opsi GIF dalam Insta Story. Platform ini setidaknya mencoba fitur GIF sejak November lalu.

Selain itu, platform media sosial ini juga mengumumkan sedang mengembangkan fitur agar video dan foto yang diunggah melalui Insta Story akan seperti rasio aspek aslinya. Sebuah perubahan besar karena para pengguna selalu kesal dengan format vertikal yang diatur oleh Instagram. Pengguna dapat mengatur sendiri rasio foto dan video yang akan diunggah ke Instagram Story. Saat mengunggah foto dan video horisontal, ruang kosong yang ada di sekitar foto dan video akan diisi dengan latar belakang berwarna.

"Ini akan tiba beberapa minggu ke depan, kami juga meluncurkan fitur untuk mengunggah foto dan video dari ukuran Insta Story kalian. Jadi kalian tidak akan kehilanggan sebagian foto atau memotong teman dari video grup," lanjut pernyataan Instagram.

Stiker GIF tersedia bagi pengguna iOS dan Android dengan versi Instagram 29. Namun Instagram belum merilis tanggal pasti peluncuran kompatibilitas untuk aspek rasio foto dan video.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement