Ahad 21 Jan 2018 16:16 WIB

Sosmed Ini Gunakan Propaganda Balasan Lawan Terorisme

Media sosial beralih ke 'countererspeech' atau 'propaganda balasan tangani masalah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi Media Sosial
Foto: pixabay
Ilustrasi Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kelompok teroris dan kebencian terus mendapatkan propaganda mereka ke platform media sosial meskipun ada upaya Facebook, Twitter, dan YouTube untuk menutupnya. Hal tersebut diungkapkan dalam panel Senat AS.

ISIS, Alqaidah, dan lainnya telah meningkatkan penggunaan bot dan metode lain untuk melawan kecerdasan buatan dan algoritma yang dimainkan raksasa media sosial untuk menyaringnya. Namun, jaringan media sosial mengatakan bahwa mereka beralih ke 'countererspeech' atau 'propaganda balasan' untuk menangani masalah ini, dan menciptakan lebih banyak propaganda anti-teror untuk mencegah pesan kekerasan di platform mereka. Facebook mengatakan bahwa pihaknya banyak berinvestasi di 'countererspeech'.

"Kami percaya bahwa bagian penting dari memerangi ekstremisme adalah mencegah perekrutan dengan mengacaukan ideologi yang mendasari yang mendorong orang untuk melakukan tindakan kekerasan. Itu sebabnya kami mendukung berbagai upaya balasan," kata Monika Bickert, kepala manajemen kebijakan global Facebook, dilansir dari Dailymail, Kamis (18/1).

Google mengatakan bahwa YouTube menggunakan sistem yang disebut 'Metode Pengalihan', yang menggunakan konten video kurir untuk mengalihkan orang dari propaganda ekstremis kekerasan dan mengarahkan mereka ke konten video yang menghadapi pesan ekstremis dan mempermalukan mitologi.

Komite Senat diberi tahu bahwa kelompok sekarang beralih ke platform yang lebih kecil dan aplikasi pesan dengan enkripsi dan kemampuan yang kurang untuk pengguna polisi, seperti Telegram, Reddit dan Whatsapp, meskipun belum ada yang menawarkan jangkauan luas sebelumnya yang dimiliki Facebook dan YouTube.

Namun demikian, perusahaan media sosial terbesar ditekan dalam sidang Komite Perdagangan Senat karena ketergantungan mereka pada kecerdasan buatan dan algoritma untuk mempertahankan platform kuat mereka terlepas dari pos-pos ekstremis yang keras.

Perhatian utama adalah kemampuan terus menggunakan akun anonim, yang sekaligus menguntungkan aktivis pro-demokrasi yang memerangi pemerintah yang represif, juga terus memberdayakan para ekstrimis.

"Platform ini telah menciptakan cara baru dan memukau bagi orang-orang jahat untuk menyerang dan melukai," kata Senator Ben Nelson, yang mengatakan bahwa tindakan keras oleh raksasa media sosial sejauh ini 'tidak cukup'.

"YouTube secara otomatis menghapus 98 persen video yang mempromosikan ekstremisme kekerasan menggunakan algoritma," kata Direktur Kebijakan Publik Juniper Downs.

Kepala Kebijakan Produk dan Kontra Terorisme Facebook, Monika Bickert, mengatakan bahwa 99 persen konten teror ISIS dan Alqaidah terkait terdeteksi dan dihapus sebelum ada orang di komunitas kami melaporkannya, dan dalam beberapa kasus, sebelum ditayangkan di situs tersebut.

Carlos Monje, direktur Kebijakan Publik dan Filantropi untuk Twitter mengatakan, bahkan dengan segala upaya mereka untuk melawan konten teror dan kebencian, "Ini adalah permainan kucing dan tikus dan kami terus-menerus berkembang untuk menghadapi tantangan tersebut."

Clint Watts, seorang ahli di Foreign Policy Research Institute dalam penggunaan internet oleh kelompok-kelompok teror, menilai upaya perusahaan media sosial telah cukup berhasil, namun masih kehilangan sejumlah besar posting yang tidak diinginkan.

Tahun lalu Google, Facebook, Twitter dan Microsoft bergabung bersama untuk berbagi informasi tentang kelompok dan pos terkait dengan ekstremisme kekerasan, dan untuk berbagi teknik dalam menjaganya dari situs mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement