Jumat 19 Jan 2018 17:40 WIB

Anak Asuh Rumah Yatim Tampil di Pameran Tipografi Dunia

Karya tipografi anak asuh Rumah Yatim bertemakan tentang sopan santun orang Jawa.

Fikran Arif Sya’ban, alumnus anak asuh Rumah Yatim yang sukses mengantarkan karya tipografinya pada ajang pameran internasional Type Unite Dubai, akhir tahun lalu.
Foto: Istimewa
Fikran Arif Sya’ban, alumnus anak asuh Rumah Yatim yang sukses mengantarkan karya tipografinya pada ajang pameran internasional Type Unite Dubai, akhir tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Tak disangka, satu dari sekian karya tipografi yang lolos di ajang pameran internasional Type Unite Dubai merupakan karya alumnus anak asuh Rumah Yatim, Fikran Arif Sya’ban. Fikran merupakan satu dari 10 peserta yang mewakili Indonesia dalam ajang yang berlangsung akhir tahun lalu.

Type Unite Dubai merupakan pameran internasional tentang poster desain tipografi yang diadakan oleh Fakultas Desain American University in Emirates (AUE). Sementara Type Unite adalah sebuah perkumpulan internasional para profesor seni desain yang berkontribusi dalam pembelajaran dan latihan mengenai tipografi.  

Tipografi adalah salah satu karya seni yang menggabungkan antara seni dan teknik menulis. Fikran mengaku, karya tipografi yang dipamerkan bertemakan tentang sopan santun orang Jawa dengan tulisan menggunakan aksara Jawa.

“Bentuknya seperti pohon rindang, artinya sopan santun untuk membuat orang merasa teduh,” ujar Fikran dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (19/1). Dirinya mengaku kaget bisa terpilih dalam nominasi mewakili Indonesia dalam ajang pameran internasional tersebut.

Pasalnya, imbuh dia , selama ini tidak pernah ikut pameran besar. Tidak menyangka, imbuh dia, sekalinya mengikuti pameran langsung berskala internasional. Melalui pameran tersebut, karyanya berhasil dikoleksi bersamaan dengan karya tipografi pelajar dari sembilan negara. Di antaranya, United Arab Emirates (UAE), China, Belanda, Ekuador, Polandia, Korea Selatan, Turki dan Amerika Serikat.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement