Ahad 07 Jan 2018 02:35 WIB

Mumi Berusia 450 Tahun ini Berisi Bukti Tertua Hepatitis B

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi penemuan mumi.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Ilustrasi penemuan mumi.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Sebuah mumi anak laki-laki yang ditemukan di Italia sebelumnya dianggap telah meninggal karena cacar. Namun sebuah analisis DNA baru mengungkapkan, mumi yang berusia 450 tahun itu menunjukkan tanda-tanda hepatitis B sehingga dianggap infeksi virus tertua yang pernah diketahui. 

Teka-teki diagnosis baru yang dibuat melalui kesamaan antara virus hepatitis B mumi dan manusia modern. Hasilnya menunjukkan bahwa virus ini telah menginfeksi orang selama ribuan tahun.

Mumi mungil ini digali dari gereja Italia pada tahun 1980-an. Para ilmuwan telah mempelajarinya sejak saat itu. Wajah, lengan, dan badannya yang dikeringkan dengan ruam yang sangat parah, sehingga ahli paleopatologi, Gino Fornaciari, secara anumerta mendiagnosis anak yang terkena cacar air. 

Temuan baru ini, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Pathogens, mengungkapkan diagnosis sebelumnya meskipun mereka tidak menyelesaikan sepenuhnya. Anak laki-laki ini meninggal sekitar pertengahan tahun 1500-an, menurut penanggalan radiokarbon. 

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi bangsawan Italia saat ini untuk dibalsem setelah kematian. Setelah organ dalam anak ini dikeluarkan, dia dibalsem dan mengenakan pakaian sutra. Proses pembalseman, perhiasan, dan penguburan mayat di Basilika St. Domenico Maggiore di Naples, semuanya menunjukkan anak itu berasal dari keluarga bangsawan.

Fornaciari mengatakan dalam sebuah email kepada The Verge. Seorang rekan penulis studi baru, Fornaciari juga memimpin penyelidikan awal mumi pada tahun 1980-an yang mendeteksi partikel berbentuk telur mikroskopis dalam ruam yang tampak seperti cacar. Antibodi terhadap virus menempel pada partikel ini.

Namun sebuah tim peneliti DNA purba yang dipimpin oleh Hendrik Poinar di Universitas McMaster dan Edward Holmes di University of Sydney, tidak dapat menemukan jejak DNA cacar dari fragmen tulang paha, otot, atau lipatan kulit yang masih menempel pada tulang rusuk, tengkorak dan kaki mumi.

Tentu saja, fakta bahwa cacar tidak terdeteksi bukan berarti itu tidak ada. DNA purba rapuh dan mungkin tidak bertahan, meski tim telah mendeteksi DNA cacar pada mumi abad ke-17 dari Lithuania. “Mungkin saja, anak itu terinfeksi oleh kedua virus tersebut,” ucap Fornaciari, dikutip dari The Verge, Sabtu (6/1). 

Tim tersebut menemukan virus yang berbeda, bukti tertua hepatitis B, virus yang masih menginfeksi lebih dari 250 juta orang saat ini. Virus menyebar dari orang ke orang melalui cairan tubuh seperti darah dan menyerang masalah hati seperti sirosis dan kanker hati. 

Itu bahkan bisa menjelaskan kulit bopeng mumi, pada anak-anak berusia antara dua dan enam tahun, virus ini juga dapat menyebabkan ruam yang parah. Meski hepatitis B masih meluas meski vaksinnya aman dan efektif, ilmuwan tidak tahu dari mana dan kapan asal virus tersebut. 

Para periset berharap merekonstruksi versi virus mumi yang lebih tua, mungkin bisa membantu mereka memahami bagaimana hal itu berkembang dari waktu ke waktu. Tapi ketika menganalisis genom virus berusia 450 tahun itu, mereka menemukan bahwa itu tampak sangat mirip dengan manusia modern.

Ini bisa berarti bahwa virus itu berasal dari kontaminasi mumi modern, dan bukan infeksi berusia berabad-abad (walaupun para penyidik menduga hal itu tidak mungkin terjadi). Untuk satu hal, mereka mengekstrak DNA hepatitis B dari seluruh tubuh mumi dan bukan hanya bintik-bintik yang diharapkan jika seseorang meneteskan cairan yang terinfeksi virus ke dalamnya. 

Ditambah lagi, DNA virus itu rusak dalam pola yang sama seperti DNA purba. Jika virus mumi bukan hasil kontaminasi, maka temuan tersebut menunjukkan bahwa kerusakan hepatitis B ini tidak banyak berubah selama 450 tahun terakhir.

“HBV adalah virus yang sangat tidak biasa,” kata penulis studi Edward Holmes.

Menurut dia, Genomenya pendek dan kaku, sehingga mutasi yang memungkinkannya berkembang juga bisa dengan mudah mematahkannya. Di satu sisi ini membuat virus sangat kecil dan efisien. Tapi di sisi lain berarti sangat sedikit mutasi yang benar-benar bekerja.

Jadi virus yang sangat efisien dan lamban ini pasti sudah beradaptasi dengan baik dengan orang-orang jauh sebelum anak laki-laki kecil ini menderitanya. Itu berarti hepatitis B mungkin telah menyebar di antara manusia untuk ribuan orang, mungkin puluhan ribu tahun. “Tepatnya berapa lama, masih sedikit misteri,” jelas Holmes. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement