Jumat 05 Jan 2018 13:56 WIB

Spectre dan Meltdown Serang Perangkat Apple

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Winda Destiana Putri
Apple
Foto: VOA
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Apple telah mengonfirmasi semua sistem Mac dan perangkat iOS dipengaruhi oleh dua kekurangan prosesor yang disebut Spectre dan Meltdown. Apple (AAPL) mengatakan bahwa pihaknya telah merilis mitigasi untuk mengatasi Meltdown di iOS 11.2, macos 10.13.2, dan tvOS 11.2.

Ini akan melepaskan mitigasi di Safari untuk mempertahankan diri dari kerusakan Spectre dalam beberapa hari mendatang, kata Apple dilansir di CNN, Jumat (5/1). "Tidak ada eksploitasi yang diketahui yang berdampak pada konsumen saat ini," kata Apple, menggemakan apa yang dikatakan oleh periset dan periset perusahaan lain.

Apple Watch tidak terpengaruh oleh kelemahan Meltdown. Periset mengumumkan dua kelemahan yang mempengaruhi hampir semua prosesor komputer pada hari Rabu (3/1).

Inilah masalahnya, prosesor modern dirancang untuk melakukan sesuatu yang disebut "eksekusi spekulatif" untuk meningkatkan kinerja. Data seharusnya dilindungi dan diisolasi, namun para periset menemukan bahwa dalam beberapa kasus, informasi dapat terpapar saat prosesor mengantre.

Periset mengatakan hampir setiap sistem komputasi - desktop, laptop, smartphone, dan server awan - dipengaruhi oleh hama Spectre. Meltdown tampaknya spesifik untuk chip yang dibuat oleh Intel.

Pengguna Apple harus memastikan komputer mereka, perangkat iOS, dan semua aplikasi yang mereka gunakan selalu terbarui untuk melindungi diri dari serangan hacker yang memanfaatkan kekurangannya.

"Karena memanfaatkan banyak masalah ini mengharuskan aplikasi jahat dimuat di perangkat Mac atau iOS Anda, sebaiknya unduh perangkat lunak hanya dari sumber terpercaya seperti App Store," kata perusahaan itu.

Itu adalah saran bagus terlepas dari apakah ponsel Anda memiliki kekurangan pada prosesor atau tidak. Perusahaan besar lainnya yang melakukan perbaikan termasuk Microsoft (MSFT), Amazon (AMZN) dan Google (GOOGL). Memperbaiki masalah akan memperlambat kinerja komputer, kata para ahli, terutama pada perangkat yang berusia lebih dari lima tahun.

Intel (INTC) mengatakan bahwa untuk rata-rata pengguna, dampak kinerja pada produk yang menggunakan prosesor dari lima tahun terakhir seharusnya tidak signifikan dan akan dikurangi dari waktu ke waktu.

Tantangan yang lebih besar tampaknya bagi perusahaan yang berurusan dengan banyak lalu lintas jaringan dan kekuatan pemrosesan yang cukup - hal-hal seperti penyedia komputasi awan, pengecer yang memproses transaksi konsumen dan sistem medis yang menghasilkan data crunch.

Beberapa ahli mengatakan bahwa untuk benar-benar menyingkirkan risiko yang disebabkan oleh kekurangan, prosesor yang terkena dampak harus diganti seluruhnya. Tapi itu tidak realistis akan terjadi dalam waktu dekat.

Tidak ada prosesor yang tersedia saat ini yang dapat menggantikan yang rentan dan tetap menyediakan jenis fungsionalitas yang sama. Para ahli mengatakan bahwa dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membawa ke pasar chip baru yang dapat melakukan tugas yang sama dengan aman dan efektif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement