Jumat 29 Dec 2017 03:08 WIB

Limbah Yoghurt Bisa Dimanfaatkan Jadi Bahan Bakar Pesawat

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Yogurt
Foto: pixabay
Yogurt

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyantap yoghurt membuat badan menjadi sehat. Namun manfaat yoghurt rupanya tak berhenti sampai di situ. Limbah yoghurt ternyata bisa digunakan sebagai bahan baku pesawat jet. Baru-baru ini para ilmuwan berhasil meneliti kegunaan dari limbah tersebut.

Dilansir dari Daily Mail, limbah yogurt mengandung laktosa, fruktosa, dan asam laktat. Untuk membuatnya mampu menghidupkan mesin pesawat jet, ditambahkanlah bakteri agar terbentuk asam kaproat dan asam kaprilat. Selanjutnya ditambahkan pula sejumlah karbon ke dalam limbah yoghurt tersebut.
 
Setelah itu, campuran tersebut bisa dikombinasikan dengan biofuel atau bahan bakar hayati sehingga dapat menghidupkan mesin pesawat. Menurut ketua tim peneliti, Dr Lars Angenent, limbah yogurt bisa menjadi bahan bakar alternatif berkelanjutan.
 
"Agar bisa benar-benar menjadi sumber energi terbarukan, kita harus mengumpulkan limbah-limbah dari berbagai peternakan di seluruh dunia kemudian mengolahnya menjadi sumber energi," kata ilmuwan dari Cornell University tersebut.
 
Saat ini sumber-sumber energi berupa limbah yogurt masih tersebar. Namun peneliti berharap ke depan limbah yogurt dapat diolah secara massal dan digunakan sebagai bahan bakar pesawat jet dengan jangkauan yang lebih luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement