Senin 11 Dec 2017 05:24 WIB

AI Ingatkan Saat Orang Lain Mengintip Ponsel

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Artificial Intelligence. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Artificial Intelligence. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin memudahkan manusia dalam hal apapun. Tidak hanya pada hal besar seperti kepentingan medis dan robotik, AI juga membantu dalam hal sepele.

Salah satunya adalah inovasi AI terbaru yang tengah dikembangkan Google. Perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Mountain View, California, AS, itu membuat AI yang bisa mengingatkan saat ada orang lain mengintip ponsel.
 
Masalah tersebut memang sepele, tetapi kerap mengganggu ketika seseorang sedang berada di area umum atau transportasi publik. Saat sedang asyik-asyiknya berponsel, orang di samping atau di belakang bisa saja mengintip apa yang sedang diakses.
 
 
Guna menekan risiko privasi itu, para periset di Google membuat alat yang disebut e-screen protector. Inovasi yang masih dalam tahap penelitian tersebut mengandalkan kamera depan untuk mengidentifikasi orang selain pengguna yang mencoba mengintip layar.
 
Kamera digunakan bersamaan dengan algoritma deteksi wajah dan fitur smart face yang memungkinkan AI membuat pengingat. Periset Google, Hee Jung Ryu dan Florian Schroff, mengatakan AI tersebut dapat bekerja dalam berbagai kondisi pencahayaan.
 
Video demo menunjukkan bahwa sistem canggih itu memiliki waktu reaksi dua milidetik. Meski baru merupakan proyek penelitian, para pengguna Android akan sangat meminati jika fitur ini dapat segera diakses meluas, dikutip dari laman Ubergizmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement