Ahad 12 Nov 2017 05:16 WIB

Whatsapp Segera Hadirkan Fitur Live Location

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Whatsapp
Foto: EPA/Marcelo Sayao
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika dulu orang-orang mengetahui kegiatan dan ke mana Anda pergi merupakan hal menyeramkan, era digital mengubah presepsi tersebut. Bahkan, aplikasi chatting Whatsapp pun memiliki fitur lokasi untuk dibagikan.

Whatsapp secara resmi merilis Live Location untuk perangkat Android dan iOS. Fungsi tersebut membuat pengguna dapat memberi tahu orang lain keadaan tempat dan lokasi sesungguhnya.

WhatsApp mengumumkan fitur tersebut di situs resmi mereka. Perusahaan milik Facebook ini sangat antusias untuk memainkan tindakan pengamanan enkripsi end-to-end mereka yang dirancang untuk menjaga agar rincian lokasi tetap aman.

Dengan enkripsi end-to-end memastikan jika hanya orang yang dipilih untuk berbagi lokasi yang bisa mengakses informasi. Melalui hal itu, akan melindunginya dari gangguan dari peretas, pemerintah, dan pihak ketiga lainnya.

Tanggal peluncuran resmi belum diketahui. Hanya saja, bagi pengguna versi terbaru Whatsapp sudah bisa melihat fitur terbaru itu, ditargetkan pengguna lainnya bisa menikmati fitur tersebut beberapa pekan mendatang, dilansir Dailymail.

Berbagi lokasi sudah menjadi fitur umum pada aplikasi sosial lainnya, termasuk Snapchat Snap Map dan Facebook Messenger. Untuk menggunakan Live Location, cukup buka obrolan dengan sekelompok orang atau orang yang ingin, kemudian buka lampiran atau ikon yang berbentuk penjepit kertas di Android dan ikon plus di iPhone, dan pilih tombol lokasi. Setelah memilih itu akan muncul muncul sebagai peta di Android atau simbol 'pin drop' di iOS, klik opsi 'Share Live Location'.

Pengguna pun dapat mengatur waktu untuk membagikan lokasi, apakah hanya 15 menit atau hingga delapan jam berikutnya. Jika ingin berhenti, cukup tekan 'berhenti berbagi'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement