Selasa 31 Oct 2017 09:06 WIB

Ponsel Rusak Konsentrasi Mahasiswa Selama Kuliah

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Smartphone (ilustrasi)
Foto: EPA/Gregor Fischer
Smartphone (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi digital, terutama smartphone menjadi bagian penting dari kehidupan saat ini. Seseorang minimal menghabiskan tiga jam sehari untuk memainkan ponsel mereka.

Tim dari Universitas Stellenbosch mencoba meneliti dampak dunia digital pada tingkat konsentrasi mahasiswa selama kuliah di kelas. Kepala penelitian, Le Roux mengatakan individu yang lahir setelah 1980-an adalah individu yang dikelilingi media digital secara masif. Mereka selalu terhubung, selalu diperbaharui, dan dipengaruhi oleh digital.

"Mereka bermasalah dalam perspektif kontrol kognitif dan proses belajar mengajar," kata Le Roux, dilansir dari Science Daily, Selasa (31/10).

Alasan pertama, mereka terbiasa multitasking saat berkuliah, yaitu bermain ponsel dan pada saat bersamaan memperhatikan dosen yang mengajar di kelas. Ini justru menyebabkan prestasi akademis mereka rendah.

Kedua, kemampuan mahasiswa untuk berkonsentrasi pada hal-hal tertentu dalam jangka panjang. Di Amerika Serikat, perangkat komputasi mobile dapat mengganggu konsentrasi mahasiswa pada umumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement