Sabtu 21 Oct 2017 06:00 WIB

Supervulkan Yellowstone Bisa Meletus alam Waktu Cepat

Rep: ROSSI HANDAYANI/ Red: Winda Destiana Putri
Yellowstone supervulkan
Foto: Sciencetrends
Yellowstone supervulkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Supervulkan yang terletak di Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat, dapat meledak lebih cepat daripada apa yang telah diperkirakan oleh ilmuwan sebelumnya. Yellowstone akan meletus pada suatu hari, dan bisa meledak dengan cepat dengan sedikit peringatan.

Dilansir dari laman Mashable, bahkan jika penelitian ini akurat, masih ada puluhan tahun peringatan sebelum ledakan apokaliptik. Dalam dua juta tahun terakhir, ahli geologi Yellowstone percaya bahwa supervolcano telah memiliki tiga letusan besar yang menghasilkan ratusan mil kubik abu ke atmosfir bumi. 

Sumber letusan ini adalah sejumlah besar batuan cair dan semi cair, atau magma, yang masih berada di bawah taman. Para ilmuwan menduga bahwa, ketika tekanan yang cukup meningkat di bawah tanah, Yellowstone akan mengalami ledakan besar lainnya.

Pada sebuah konferensi vulkanologi baru-baru ini, The New York Times melaporkan, Ahli Geologi Arizona State, Hannah Shamloo mengemukakan bukti baru bahwa Yellowstone bisa menunjukkan tanda-tanda letusan mega-erupsi yang akan datang sebelum ledakan kolosal, yang bertentangan dengan ribuan tahun. Penelitian ini masih diperiksa oleh ahli geologi, dan belum banyak penelitian yang diterima.

Shamloo dan timnya menghabiskan waktu selama beberapa pekan di lokasi letusan super Yellowstone terbaru, yang meledak sekitar 640 ribu tahun yang lalu. Mereka mengumpulkan sisa-sisa vulkanik yang berbatu dari letusan kuno, dan secara khusus melihat kristal-kristal kecil yang tertanam di batu karang, yang terbentuk jauh di bawah tanah di magma jauh sebelum ledakan itu terjadi. Di lapisan terluar kristal, mereka menemukan perubahan dalam komposisi kristal, yang berarti kristal tersebut tiba-tiba terkena suhu, dan tekanan yang berbeda.

Hal ini menunjukkan sesuatu yang signifikan, batu vulkanik ini mulai bergerak dan bergeser di sekitar usus besar supervolcano di bawah tanah jauh lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Tapi cepat dalam waktu geologis tidak berarti dalam sehari, atau seminggu. Kebanyakan ahli geologi menganggap proses ini akan memakan waktu ribuan tahun. Tapi bisa jadi kurang, dalam skala puluhan tahun.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement