Sabtu 07 Oct 2017 04:30 WIB

Sepuluh Cara Menjaga Smartphone Tetap Aman (1)

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Iphone
Foto: Time
Iphone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan kaum modern sehari-hari. Lewat ponsel pintar ini pengguna bisa melakukan segudang aktivitas.

Tak ada satu hari pun yang dilewati tanpa menyentuh si ponsel pintar ini. Dengan sederet manfaat yang diberikan, pengguna harus berhati-hati merawatnya karena di dalam smartphone tersimpan data-data pribadi pengguna. Berikut sepuluh kiat merawat smartphone agar tetap aman dikutip dari laman Womanitely.

Jauhkan dari Malware

Jangan berpikir malware hanya menyerang komputer atau PC. Smartphone juga tergolong piranti yang rentan terhadap serangan malware. Pasanglah aplikasi anti malware dalam smartphone anda untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Pantau Pemakaian Memori

Periksalah pemakaian memori internal maupun eksternal pada smartphone. Jangan biarkan data-data yang tak penting memenuhi memori karena akan memperlambat kinerja ponsel. Lebih baik hapus atau pindahkan data agar ada ruang memori yang cukup untuk menyimpan data baru yang lebih penting.

Hindari Suhu Ekstrem

Meninggalkan smartphone di dalam mobil ketika matahari sedang terik bukan ide yang bagus. Smartphone bisa rusak dalam suhu 113 derajat Fahrenheit atau sekitar 40-an derajat Celcius. Demikian halnya smartphone akan rusak di udara dingin pada suhu minus 40 derajat Fahrenheit.

Urusan Rooting Smartphone Serahkan Pada Ahlinya

Harga smartphone tidak bisa dikatakan murah. Pengguna biasanya tergoda untuk me-root sendiri ponsel pintarnya padahal belum punya pengalaman yang mumpuni. Jika ingin me-root lebih baik serahkan kepada yang sudah ahli untuk menghindari kerusakan pada smartphone.

Tancapkan Kabel USB Secara Cermat

Menancapkan kabel USB ke smartphone memang terdengar sangat sepele. Namun jika tak hati-hati saat menancapkan, lubang port USB pada smartphone bisa rusak dan membuat kabel tidak bisa tertancap kencang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement