Selasa 03 Oct 2017 07:19 WIB

Blibli.com Jaring Wirausaha Lewat Ajang Kompetisi

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Situs belanja daring Blibli.com
Foto: Andi Nur Aminah
Situs belanja daring Blibli.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salah satu E-commerce di Tanah Air, Blibli.com menggelar program The Big Start Indonesia 2017. Kegiatan itu merupakan sebuah kompetisi yang diperuntukan bagi para creativepreneur muda Indonesia yang memiliki skala usaha mikro kecil menengah (UMKM).

CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan program tersebut memberikan kesempatan bagi mereka untuk bisa menunjukkan produk kreatif terbaiknya serta mendapatkan wadah positif guna mempersiapkan diri menuju era digital khususnya E-commerce.
 
Pada ajang kali ini Blibli.com telah mendapatkan 20 UMKM finalis setelah melalui tahapan penjaringan hingga seleksi dari 20 ribu UMKM yang mendaftar program tersebut. Para finalis akan melewati babak karantina di Jakarta mulai 5 sampai 19 Oktober 2017 dan akan dipilih tiga terbaik dengan hadiah total Rp 1 miliar.
 
"Kami tidak hanya mendukung dan memasarkan UKM lokal tetapi juga memberikan peluang UKM dalam negeri bisa menjadi perusahaan global ditengah persaingan digital," ujarnya di Jakarta, Senin (2/10).
 
The Big Start pada 2017 telah melalui proses pencarian creativepreneur serta roadshow di beberapa kota besar seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, dan Jakarta. Kusumo menegaskan, pihaknya sangat selektif dalam melakukan seleksi bagi para UMKM, dengan melalui beberapa tahapan seleksi seperti originalitas produk, keunikan produk, inovatif, kemudian kemampuan pangsa pasar untuk berkembang dan berpotensi besar usahanya.
 
"Kompetisi seperti ini kami nilai sangat penting sebagai upaya membuka kesempatan lebih luas dan menumbuhkan rasa optimistis pelaku industri kreatif lokal bahwa produk mereka juga bisa menjadi produk yang bersaing secara nasional dan pada akhirnya mereka dapat menjadi inspirasi bagi sekelilingnya," jelasnya. Program ini juga didukung BCA, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Ekonomi Kreatif, Bakti Budaya Djarum Foundation, Go-Jek Indonesia, Podomoro University, Lenovo, So Good Food, Google, Youtube, Facebook, Instagram.
 
Sementara Creativepreneurs muda Indonesia sekaligus Founder & CEO DAMN! I Love Indonesia, Daniel Mananta, kembali hadir sebagai juri di The Big Start Indonesia tahun ini. "Sama seperti usaha saya mendirikan DAMN! I Love Indonesia, semua dimulai dari inovasi dan orisinalitas, tapi biasanya para creativepreneurs hanya fokus pada ‘dagang’ saja dan kurang mengetahui efisiensi penjualan melalui platform E-commerce, bagaimana memaksimalkan fungsi media sosial, pengelolaan keuangan, hingga pengetahuan perhitungan pajak, hukum/peraturan dan lain-lain," ucap Daniel.
 
Selain itu jajaran juri lainnya akan ada Renitasari Adrian selaku Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Stephanie Yoe selaku Venture Partner of Fenox VC & Corporate Strategy & Business Development of JAPFA Group dan munculnya juri baru di tahun ini Leonard Theosabrata selaku founder Indoestri, co-founder The Goods Dept, co-founder Brightspot Market.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement