Ahad 17 Sep 2017 07:33 WIB

Kamera Pintar Ini Tahu Makanan Rusak di Kulkas

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan di dalam Kulkas (Ilustrasi)
Foto: Telegraph
Makanan di dalam Kulkas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan sisa atau makanan busuk merugikan manusia, dari sisi uang dan lingkungan. Sebuah kamera kulkas nirkabel pertama di dunia mulai dipasarkan di Inggris Agustus lalu.

Kamera ini membantu ibu-ibu rumah tangga mengurangi limbah makanan dan bisa memeriksa makanan rusak atau akan rusak di dalam kulkas mereka. Alat bernama Smarter FridgeCam ini dilengkapi aplikasi yang memantau tanggal pembelian bahan makanan tertentu dan mengirimkan pengingat ke ponsel pengguna, misalnya menyarankan pengguna untuk segera menghabiskan susu.

Dilansir dari Mental Floss, banyak orang lupa memeriksa isi kulkasnya. Alhasil beberapa makanan yang terletak paling belakang atau di sudut-sudut kulkas cepat membusuk.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memperkirakan rumah tangga bisa menghemat 1.500 dolar AS atau Rp 20 juta per tahun jika mereka memakan atau memanfaatkan semua makanan yang dibeli dan ditaruh di kulkas.

Anda tak perlu membeli lemari es baru untuk membantu mengatasi fenomena ini. Smarter FridgeCam dijual dengan harga 127 dolar AS atau Rp 1,6 juta.

Perusahaan Inggris ini juga sedang merancang teko dan pembuat kopi yang terhubung langsung ke ponsel pemiliknya. Ada juga lemari es nirkabel yang produknya akan dirilis tak lama lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement