Sabtu 16 Sep 2017 18:28 WIB

Anak-anak Pun Tercengang Saat Minyak tak Bersatu dengan Air

Rep: Ali Mansur/ Red: Endro Yuwanto
Republika fun science, cara asyik belajar sains untuk anak-anak.
Foto: republika/ali mansur
Republika fun science, cara asyik belajar sains untuk anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan anak sekolah dasar (SD) antusias mengikuti kegiatan Republika Fun Science yang diselenggarakan di Gedung Republika, Jakarta Selatan, Sabtu (16/9). Kegiatan ini diselenggarakan Republika bekerja sama dengan Litbang Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Selain belajar ilmu pengetahuan dan matematika, kegiatan ini juga sebagai sarana hiburan bagi anak-anak. Salah seorang pengajar sekaligus staf Litbang KPM, Ina Ana Khoeriah mengatakan banyak cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan anak-anak sains.

Salah satunya perihal air yang tidak bisa bersatu. Rasa penasaran pun semakin meluap ketika Ina Ana mempraktikan dengan menuangkan minyak dan gelas di gelas yang berbeda. "Anak-anak kalau air ini dituangkan ke dalam ke dalam gelas berisi minyak ini bisa bersatu nggak?" tanya Ina Ana, sembari menunjukkan gelas yang berisi air.

Ina Ana pun menempelkan kertas untuk menutup gelas yang berisi tersebut, anehnya air pun tidak tumpah saat gelas dibalikkan usai ditempelkan kertas, anak-anak pun bersorak.

Kemudian Ina Ana pun menaruh gelas berisi air tersebut di atas gelas berisi minyak dengan batas kertas tersebut. Kemudian, ia pun perlahan-lahan menarik kertas sampai air dan minyak bertemu. Namun saat minyak dan air itu bertemu, keduanya pun tidak tetap bersatu, anak-anak pun tercengang, dan lalu disambut tepuk tangan mereka.

Fauzan misalnya, siswa kelas VI SD pun tidak sabar untuk mempraktikannya. Dia bersama sembilan temannya dalam satu kelompok mempraktikan seperti yang diajarkan pembimbingnya.

Tidak ketinggalan, Fauzan pun mencatat di selembaran kertas hasil dari eksperimen minyak dan air tersebut. Selain belajar, Fauzan juga mengaku senang bertemu dengan teman-teman baru. "Saya senang belajar sambil praktik. Saya pengen terus belajar," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement