Jumat 15 Sep 2017 10:59 WIB

Inilah Tipe Orang yang Berkembang di Bawah Tekanan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani
Perempuan sedang stres
Foto: flickr
Perempuan sedang stres

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi yang diterbitkan di European Psychologist mengklaim bahwa, ada tujuh kualitas yang membantu orang berkembang di bawah tekanan, sedangkan orang lain biasanya menyerah atau bertahan.

Dilakukan oleh para periset di University of Portsmouth dan University of Bath pada 2017, penelitian ini merupakan debat konseptual, dan tinjauan literatur. Ini berfokus pada penelitian sebelumnya tentang bagaimana manusia mencapai pemenuhan dalam keadaan sulit, dan orang-orang yang telah mencoba untuk mendefinisikan 'berkembang'.

Kajian mereka menemukan tujuh kualitas umum bahwa seseorang yang tumbuh subur di bawah tekanan, seperti dilansir dari laman indy100, Jumat (15/9), yakni perspektif positif (optimisme), Spiritual atau religius, termotivasi dan tertarik, proaktif, seseorang yang suka belajar, fleksibel dan psikologis tahan terhadap perubahan, dan kompeten secara sosial

Kualitas ini didefinisikan sebagai 'personal enabler' oleh penelitian ini. Seseorang dengan kualitas ini akan membutuhkan faktor eksternal tertentu, agar mereka berkembang yang disebut, enabler kontekstual.

Faktor itu antara lain dukungan dari atasan, keluarga, kolega, dan lain-lain; lingkungan yang menantang; dan kepercayaan orang lain dan hubungan interpersonal yang kuat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement