Senin 11 Sep 2017 06:07 WIB

Markas Kodim Menjadi Tempat Les Pelajar di Bogor

Markas kodim Bogor yang dijadikan lokasi les belajar.
Foto: KMP
Markas kodim Bogor yang dijadikan lokasi les belajar.

REPUBLIKA.CO.ID,⁠⁠⁠ BOGOR -- Siapa yang tidak kenal dengan markas TNI? Sebuah tempat bagi para anggota TNI untuk melakukan berbagai kegiatan teritorial dalam menjaga pertahanan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak heran jika sistem keamanannya sangat ketat dan sikap tegas prajurit membuat masyarakat sungkan untuk masuk ke tempat tersebut.  

Namun ada situasi berbeda di salah satu Markas TNI yang berada di Kota Bogor (Kodim 0606/Kota Bogor). Institusi yang berada dibawah komando Korem 061/Suryakancana ini menunjukkan keterbukaannya kepada masyarakat. Selain sebagai tempat penyelenggara pembinaan satuan dan pembinaan teritorial, markas ini juga difungsikan sebagai tempat belajar bagi pelajar di Bogor dan sekitarnya.

 

Salah satu orangtua siswa menuturkan kesannya. “Dengan adanya lokasi belajar di Kodim sangat membantu untuk anak kami dalam menempuh pendidikan belajar diluar jam sekolah," kata Miniwati, salah seorang wali murid.

Ibu tiga anak ini juga mengungkapkan rasa nyaman karena fasilitas yang disediakan, seperti tempat belajar, kebersihan, tempat ibadah, bahkan sikap ramah yang ditunjukkan anggota TNI saat sedang bertugas membuat kami senang dan menaruh sikap respek terhadap TNI.

Dukungan penuh disampaikan Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Letkol Arm Doddy Suhadiman. Perwira menengah tersebut mengatakansektor pendidikan merupakan hal yang paling harus mendapat perhatian. "Ketika saya menjabat dan mengetahui ada kegiatan belajar di kodim, saya sangat mendukung dan bila perlu dikembangkan lebih luas.Tentunya sesuai dengan kemampuan yg dimiliki oleh Kodim,” kata Doddy.

 

Doddy menambahkan bahwa walaupun dirinya baru menjabat selama 6 bulan, setelah mengetahui bahwa kegiatan tersebut sangat positif. Kegiatan les diprakarsai oleh Dandim sebelumnya bekerjasama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

“Dengan memanfaatkan aula dan beberapa ruangan yang ada setiap selasa sampai jum’at, kegiatan belajar Matematika, IPA, Bahasa Inggris, & Bahasa Arab dengan biaya belajar “seikhlasnya”, kian diminati masyarakat serta sudah menghasilkan anak-anak yang berprestasi dan berakhlak baik.

Selain sebagai sarana menuntut ilmu, sebenarnya manfaat lain yang justru dirasakan oleh Kodim adalah momen kedekatan dengan masyarakat. Hal ini sejalan dengan program pembinaan teritorial antara Kodim dengan masyarakat melalui bidang pendidikan, sekaligus wujud nyata kemanunggalan TNI dan rakyat.

"Hakikatnya, kantor tentara bukan lagi menjadi tempat yang menyeramkan. Apalagi yang mengikuti kegiatan belajar adalah generasi muda. Semoga akan memberikan kesan bahwa tentara itu tidak menakutkan dan akan lebih mendekatkan TNI dengan rakyat, serta pada akhirnya akan menumbuhkan rasa bela negara dan kecintaan yang tinggi terhadap tanah air," kata Doddy Suhadiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement