Sabtu 09 Sep 2017 01:48 WIB

Bukalapak-KOMINFO Gelar Roadshow UMKM Go-Online

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Gita Amanda
Bukalapak bekerja sama dengan Kominfo mengedukasi UMKM untuk Go-Online
Foto: Bukalapak
Bukalapak bekerja sama dengan Kominfo mengedukasi UMKM untuk Go-Online

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Salah satu platform e-commerce Tanah Air Bukalapak terus mendorong semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk meningkatkan produktivitas melalui pemasaran daring. Bersama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), Bukalapak menggelar roadshow edukasi bagi para pelaku UMKM agar dapat berjualan secara daring.

Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri melalui siaran resminya mengatakan, saat ini terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia dari konvensional menjadi digital berupa online. Hal ini dikarenakan bisnis online yang tengah diminati oleh masyarakat luas.

"Melalui kegiatan roadshow ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia agar dapat memanfaatkan platform online untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk," katanya. Serta mengembangkan dan mendukung usaha mereka dengan menghubungkan mereka dengan calon pembeli.

Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan pihaknya kepada pemerintah melalui program KOMINFO, yaitu UMKM Go-Online untuk seluruh wilayah Indonesia. Rangkaian roadshow dan edukasi ini akan diadakan di beberapa kota dan kabupaten dalam periode Agustus 2017 hingga Desember 2019.

Kegiatan roadshow dan edukasi yang diadakan oleh Bukalapak dan KOMINFO ini mengundang lebih dari 250 peserta umum. Target dari edukasi UMKM Go-Online sendiri mencapai 20 ribu UMKM. Fikri menambahkan, nantinya para pelaku usaha tersebut akan dibekali bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis mereka dari pengenalan online hingga pemasaran bisnis secara online.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama Bukalapak dan menjadi Pelapak serta anggota komunitas Bukalapak," ujar dia.

Adanya dukungan dari pemerintah diakui Fikri membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM di berbagai pelosok daerah di Tanah Air untuk melek digital. Tahun 2017 ini, Bukalapak berhasil merangkul hampir dari dua juta pelapak untuk bergabung dan meningkatkan kinerja mereka di era digital, serta memiliki komunitas yang tersebar di 70 kota di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement