Senin 21 Aug 2017 20:56 WIB

Gim Mobile Legends Diduga Melanggar Hak Cipta

Rep: Novita intan/ Red: Winda Destiana Putri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Riot Games telah mengajukan tuntutan hukum terhadap Shanghai Moontoon Technology. Hal itu terkait dugaan pelanggaran properti intelektual dan hak cipta di gim Mobile Legends. 

Menurut tuntutan hukum tersebut, yang diajukan Kamis di Pengadilan Negeri Pusat California, Riot berpendapat bahwa Moontoon telah dengan sengaja melanggar hak cipta Liga Legends dalam bentuk beberapa gim mobile. 

Seperti dilansir dari laman slingshotesports.com, gugatan tersebut menunjukkan tiga permainan yakni Magic Rush: Heroes, Mobile Legends: 5v5 MOBA, dan Mobile Legends: Bang bang yang memiliki sejumlah besar elemen yang secara langsung dan sengaja disesuaikan dari LoL, termasuk namun tidak terbatas pada karakter LoL, karya seni, desain peta, dan desain unit serta rakasa.

Tuntutan hukum tersebut juga menuduh bahwa saat dihubungi oleh Riot tentang permainan tersebut, Moontoon terlibat dalam permainan yang terbuka, membuat perubahan sederhana pada permainan sambil mempertahankan sebagian besar propertinya.

Sebuah insiden penting yang tercantum di awal permulaan tuntutan hukum tersebut adalah ketika kerusuhan mengklaim telah memberi tahu Google Play Store, di mana pengguna dapat mengunduh Mobile Legends: 5v5 MOBA, Moontoon menghapus permainan dari toko tersebut, namun tanpa peringatan atau pemberitahuan terhadap Google, kemudian kembali mengunggah gim yang sama persis dengan beberapa perubahan kecil dengan nama baru, Mobile Legends: Bang bang.

Dokumen halaman setebal 44 halaman itu juga menyertakan gambar karakter dan kemampuan mereka, yang diduga diambil secara grosir dari Liga Legends, yang dijadikan bukti pelanggaran tersebut.

Halaman Legenda Mobile Legends mengeluarkan sebuah pernyataan yang menyebut laporan tersebut tidak nyata, dan mengatakan bahwa gim dikembangkan oleh Moontoon secara independen dengan hak kekayaan intelektual. Itu tidak menyebutkan gugatan tersebut. 

Berikut adalah pernyataan lengkapnya:

Baru-baru ini, beberapa media telah menerbitkan laporan negatif dan tidak nyata melawan Mobile Legends. Inilah pernyataan Moontoon:

Mobile Legends adalah game MOBA yang dikembangkan oleh Moontoon secara independen, dan hak ciptanya telah terdaftar dan dilindungi banyak negara di seluruh dunia. Moontoon memiliki hak kekayaan intelektual independen.

Mobile Legends dan semua pengguna tidak akan terpengaruh oleh laporan yang tidak nyata ini dan kami akan terus memberikan pengalaman permainan terbaik kepada para pemain di seluruh dunia.

Sementara untuk beberapa media dan pesaing yang telah menyebarkan informasi dan rumor yang tidak nyata melawan kami, kami berhak melindungi diri dan melakukan tindakan hukum. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement