Rabu 16 Aug 2017 13:46 WIB

Ini Kesan Pilot Usai Uji Terbang Pesawat N219

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pilot Esther Gayatri Saleh usai Flight Test pesawat N219 di landasan pacu Bandara Husain Sastranegara, Kota Bandung, Rabu (16/8).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pilot Esther Gayatri Saleh usai Flight Test pesawat N219 di landasan pacu Bandara Husain Sastranegara, Kota Bandung, Rabu (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pesawat N219 karya anak bangsa menjalani uji coba terbang (flight test) perdana, Rabu (16/8). Pesawat ini sukses uji terbang pertama kali dari landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung selama kurang lebih 25 menit.

Captain Esther Gayatri Saleh yang merupakan Chief Test Pilot PTDI sukes menerbangkan perdana Pesawat N219. Esther mengaku telah mempersiapkan penerbangan ini sejak beberapa bulan lalu.

"Pada saat tadi kita mulai tiga bulan kebelakang sudah intens testnya. Pesawat yang baru itu seperti memakai baju. Pas apa enggak," kata Esther usai mendaratkan Pesawat N219.

Pilot wanita ini mengaku bangga bisa mengudarakan pertama kali pesawat N219. Sebab pesawat ini merupakan murni karya anak bangsa yang menjadi bukti kemajuan Indonesia.

"Saya sangat bangga (menerbangkan pesawat). Pada saat ulang tahun kemerdekaan kita bisa menghadirkan produk untuk anak bangsa yang semua dibuat PTDI," ujarnya.

Ia mengaku pesawat dalam kondisi yang sangat bagus menjalani terbang perdananya. Mesin dan sistem merespons dengan baik dari mulai lepas landas hingga kembali mendarat.

Menurutnya selama 25 menit terbang, ia mengudarakan pesawat di ketinggian 8000 kaki di sekitar kawasan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Selama itu pula ia mencoba melakukan manuver dengan turun ke ketinggian yang lebih rendah.

"Kami melakukan beberapa manuver untuk membiasakan dengan pesawat tersebut. Mencoba simulasi landing. Kita turun ke ketinggian 7000 naik lagi 7500. Dan sesuai prediksi landing dengan selamat," tuturnya.

Menurutnya lewat uji coba terbang ini pihaknya sudah mendapatkan data-data untuk menyempurnakan pesawat ke depannya. Data-data tersebut masih harus dianalisis lebih lanjut. Namun secara keseluruhan ia mengakui Pesawat N219 sudah sangat bagus.

"This is good aircraft. Karena ini buatan Indonesia, kita patut berbangga," ucapnya.

Penerbangan perdana Pesawat N219 disambut suka cita. Saat lepas landas pukul 09.15 WIB riuh tepuk tangan dan kata-kata syukur di sekitar landasan pacu yang dipenuhi karyawan PTDI. Begitupun saat pesawat kembali mendarat pukul 09.40 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement