Jumat 28 Jul 2017 16:06 WIB

UCWeb Rilis Sistem Peringkat Terbaru pada Aplikasi UC News

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Dwi Murdaningsih
Web Broser UC
Web Broser UC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- UCWeb, perusahaan milik Alibaba Mobile Business Group, memperkenalkan sistem peringkat baru pada platform agregator konten mereka, UC News. Sistem peringkat baru ini bertujuan untuk menyediakan sistem komprehensif bagi kreator konten individual pada platform UC We-Media.

General Manager UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group, Donald Ru mengatakan UC We-Media adalah layanan dan wadah gratis untuk berkomunikasi, mengekspresikan diri dan kebebasan berpendapat.

"Kami ingin membuat platform yang dapat meningkatkan ketersediaan informasi, mendorong adanya diskusi sehat, dan memungkinkan koneksi baru antar manusia," kata dia dalam siaran pers yang diterima, Jumat (28/7).

Donald menyebutkan kebijakan konten pada produk itu memainkan peran penting dalam memastikan pengalaman positif bagi pengguna dan mitra konten kami. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada bulan Desember 2016 melaporkan bahwa terdapat hampir 800 ribu situs di Indonesia yang menyebarkan berita palsu dan kebencian.

"Kami ingin berkontribusi untuk melindungi ekosistem konten agar dapat lebih dipercaya dan bersahabat bagi setiap pembaca dengan memperkenalkan sistem peringkat ini," ujar dia.

Sistem tersebut juga memungkinkan para kreator agar dapat meningkatkan pengaruh dan eksistensinya serta membangun kredibilitasnya dengan upaya yang berkesinambungan dalam pembuatan konten, mempertahankan orisinalitas konten dan besarnya fokus kreator untuk kategori konten tertentu dalam platform UC News.

Sistem peringat ini dirancang sebagai bagian dari infrastruktur platform untuk memastikan bahwa kreator konten dapat memenuhi permintaan yang beragam dari pengguna, untuk akses konten yang mudah serta meningkatkan pertumbuhan kreator yang mematuhi kebijakan konten platform, juga kemampuan monetisasinya.

Sistem ini memiliki 4 peringkat sesuai dengan indeks poin. Akun yang baru terdaftar akan disertifikasi sebagai Kreator Perunggu (0 - 49,9 poin). Setelah melewati pemeriksaan dan persetujuan kualitas konten, maka peringkat mereka dapat ditingkatkan menjadi Kreator Perak (50 - 69,9 poin), Kreator Emas (70 - 84,9 poin) dan Kreator Berlian (85 - 100 poin).

Akun dengan poin lebih tinggi akan mendapatkan lebih banyak rekomendasi dari pengguna, sehingga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Selanjutnya, akun dengan sertifikasi Kreator Perak keatas juga akan menerima sejumlah rekomendasi tambahan.

Peringkat akun akan ditingkatkan secara otomatis saat indeks meningkat. Poin indeks dihitung berdasarkan beberapa faktor termasuk tingkat pengaruh yang meliputi daya tarik profil, respon tepat waktu terhadap komentar pembaca, dan kualitas konten.

Faktor penentu lain adalah orisinalitas untuk memastikan konten bebas dari plagiarisme dan mencantumkan kutipan untuk bagian konten yang diambil dari sumber eksternal. Tingkat keaktifan akun juga dapat menjadi bagian dalam menentukan poin indeks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement