Senin 26 Jun 2017 20:04 WIB

Operator Seluler Catat Lonjakan Trafik Layanan Data

Media Sosial
Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, Operator seluler PT Telkomsel mencatat trafik layanan data selama Hari Raya Idul Fitri 2017 mencapai 6.000 Terabyte (TB) melonjak 136 persen dibanding periode sama tahun 2016.

"Trafik data di hari Lebaran yang menembus 6.000 TB tersebut melonjak 27 persen jika dibandingkan dengan hari normal," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati, Senin (26/6).

Menurutnya, penggunaan layanan data paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial sebesar 36 persen, disusul layanan video streaming sebesar 29 persen.

Peningkatan trafik layanan data terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik, seperti Sumatera hingga lebih dari 36 persen, wilayah Jawa-Bali (diantaranya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32 persen jika dibandingkan dengan hari normal 2017.

Namun secara nominal, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB, disusul dengan area Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB.

Dijelaskan Adita, penggunaan layanan data pada saat Lebaran 2017 juga meningkat signifikan di titik berkumpulnya pemudik seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, exit tol Kaliangsa, Rest Area km 9 Cibubur, dan Pelabuhan Ferry Kolaka (Sulawesi Tenggara). Peningkatan juga terpantau naik di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement