Jumat 23 Jun 2017 06:27 WIB

Kampus Ini Luncurkan Bus tanpa Pengemudi di Musim Gugur

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Bus tanpa pengemudi buatan Prancis ini bisa beroperasi sendiri.
Foto: abc
Bus tanpa pengemudi buatan Prancis ini bisa beroperasi sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Siswa di University of Michigan dapat memakai bus tanpa supir pertama di musim gugur ini. Dua bus otonom akan digunakan untuk rute dua mil di antara dua gedung sekolah teknik yang berada di Kampus Utara.

Dilansir dari Fortune, Jum'at (23/6), angkutan itu diproduksi perusahaan asal Prancis Navya. Bus tersebut tidak memiliki pedal atau setir. Kapasitas bus bisa membawa hingga 15 penumpang. Perjalanan akan digratiskan dan akan beroperasi selama jam operasional sekolah.

"Layanan antar-jemput otomatis pertama di kampus ini adalah proyek penelitian kritis yang akan membantu kita memahami tantangan dan peluang yang disajikan jenis layanan mobilitas ini, dan bagaimana orang berinteraksi dengannya," kata Huei Peng, Direktur Mcity dan merupakan profesor mekanik Michigan.

Navya baru-baru ini mengumumkan akan membuka pabrik perakitan pertamanya di luar Eropa di Ann Arbor, Mich, tempat kampus itu berada. Perusahaan Prancis itu juga memiliki kendaraan otonom di jalan-kalan London dan Las Vegas.

Michigan telah berupaya mempertahankan statusnya sebagai pemimpin di industri otomotif karena menjadi lebih inovatif. University of Michigan menciptakan Mcity, sebuah kota palus seluas 23 acre yang digunakan untuk menguji mobil tanpa supir dan inovasi lain di industri transportasi pada 2015.

Proyek ini mencakup kemitraan dari akademisi, pemerintah dan industri yang bertujuan untuk menciptakan sistem kerja kendaraan yang terhubunga dan otomatis pada 2021. Selain itu, ada dorongan untuk menjadikan Michigan pusat kendaraan tanpa supir meluas melampaui Ann Arbor.

Pada 2016, Gubernur Michigan Rick Snyder, menandatangani undang-undang yang memungkinkan masyarakat menggunakan mobil otomatis sesegera mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement