Kamis 22 Jun 2017 17:26 WIB

Operator di Jabar Siap Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Combat Telkomsel
Combat Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah operator seluler mengaku siap menghadapi lonjakan trafik pada periode Lebaran tahun ini. Khususnya, di wilayah Jabar. Karena, mereka sudah mengantisipasinya sejak jauh hari, dengan menambah kualitas serta kuantitas jaringan.

Menurut GM ICT Operation Jabar Telkomsel, Ardhiono Trilaksono, untuk mengantisipasi trafik Lebaran, Telkomsel menambah 176 BTS baru di wilayah Jabar dan sekitarnya. Sebanyak 7 unit diantaranya adalah BTS 3G dan 169 unit BTS dengan teknologi 4G LTE.

Ardhiono mengatakan, selama momen Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H ini, Telkomsel memproyeksikan peningkatan trafik komunikasi layanan data sebesar 1.533 terabyte (TB).  "Konsumsi tersebut melonjak sekitar 122,42 persen dibandingkan momen yang sama tahun sebelumnya," ujar Ardhiono kepada wartawan, kemarin.

Telkomsel juga, kata dia, mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi di sejumlah titik destinasi wisata dan jalur mudik serta titik transit keberangkatan pemudik di wilayah Provinsi Banten, seperti Pelabuhan Merak dan Bandar Udara Soekarno Hatta. Untuk itu, menurut dia, Telkomsel menyiapkan sebanyak 20 Compact Mobile BTS. Alat tersebut akan disiagakan disepanjang jalur mudik, termasuk titik Rest Area, serta pusat destinasi wisata jelang libur Lebaran nanti.

Sementara Vice President XL Axiata Central Region, Rd Sofia Purbayanti, mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik Lebaran, XL menambah 700 base transceiver station (BTS) baru. Selain itu, XL juga melakukan upgrade 1.700 BTS dari 3G menjadi 4G.

"Investasi jaringan ini mayoritas dilakukan di wilayah Central Region. Wilayah ini adalah destinasi serta perlintasan utama arus mudik dan balik di Pulau Jawa," katanya.

 

Setiap tahunnya, kata dia,  80 persen pemudik meninggalkan Jakarta ke berbagai daerah tujuan. Dari jumlah tersebut, 40 persen di antaranya menuju wilayah XL Central Region, yang meliputi Jawa Barat (Jabar), Yogyakarta, dan Jawa Tengah (Jateng).

Oleh karena itu, kata dia, XL juga akan menempatkan 24 mobile BTS di area tersebut. Selain di jalur mudik dan balik, mobile BTS tersebut juga akan ditempatkan di sejumlah objek wisata favorit, seperti The Lodge, Goa Pinduk, Borobudur, Parangtritis, dan lain-lain. Secara keseluruhan, penambahan kapasitas jaringan XL untuk menghadapi Lebaran ini lebih dari 40 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement