Ahad 18 Jun 2017 09:41 WIB

10 Fakta Unik Planet Mars yang Perlu Anda Tahu

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih
Planet Mars
Foto: AP
Planet Mars

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia terus melakukan ekspedisi ke Mars. Planet Merah tersebut masih menimpan misteri yang terus diungkap oleh ilmu pengetahuan. Bahkan, pendiri SpaceX dan Tesla Motor, Elon Musk berencana membangun koloni di planet tersebut.

Meski demikian, hingga kini belum ada manusia yang menginjakan kakinya di planet tersebut. Namun, sejumah fakta ditemukan yang mungkin membuat Anda semakin menyukai planet setelah Bumi tersebut. Berikut 12 fakta unik tentang Mars seperti dikutip Sciencealert, Ahad (18/6).

Permukaan

Mars memiliki luas permukaan yang hampir sama dengan bumi tanpa diselimuti 71 persen air. Mars memiliki luas 55.742.1065 mil persegi, sementara bumi 57.308.757 mil persegi.

Suhu Udara

Planet keempat dari matahari ini ternyata memiliki temperatur udara yang terbilang dingin, yakni minus 63 derajat celcius. Suhu tersebut sekitar 77 derajat Celsius lebih rendah dibandingkan Bumi.

Atmosfer

Atmosfer yang dimiliki Mars 61 kali lebih tipis dari pada yang melapisi bumi. Mayoritas atmosfer Mars mengandung karbon dioksida berbanding terbalik dengan yang dimiliki bumi sebesar 0,04 persen.

Jurang

Mars pada kenyataanya juga memiliki jurang. Bahkan, ukuran jurang tersebut hampir lima kali lebih dalam dari Grand Canyon. Jurang Valles Marineris juga berskala empat kali lebih panjang dan 20 kali lebih lebar dari Grand Canyon.

Lautan purba

Mars dulu juga pernah memiliki samudra. Namun memang volume airnya tidak sebanyak di Bumi. Jika dibandingkan, Mars hanya memiliki 1,5 perse dari volume air di Bumi.

Tsunami

Gelombang air pasang yang menuju daratan itu juga pernah menghantam Mars. Gelombang paling besar terjadi dengan ketinggian air mencapai 122 meter atau lebih pendek 13 meter dari London Eye.

Lapisan Es

Sama sepeti Bumi, kutub utara 'Planet Merah' ini juga ditutupi es. Tebalnya sekitar 3,2 km dan berukuran lebih besar dari kota Texas di Amerika Serikat.

Vulkano

Gunung berapi di Mars, Olympus Mons, dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan Mauna Loa, salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk pulau Hawai.

Ekspedisi menuju Mars

Ekspedisi ke Mars belakangan cenderung berkurang. Tercatat 23 perjalanan diluncurankan sekitar 1960-1970. Memasuki 2000 hingga saat ini baru diluncurkan sebanyak 10 kali.

Misi

Misi perjalanan ke Mars terbilang cukup sulit. Sepertiga dari keseluruhan peluncuran mengalami kegagalan. Dari 43 perjalanan, 24 mengalami kesuksesan, 17 gagal dan dua sisanya sukses mengorbit namun gagal mendarat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement